SS TODAY
Info Mudik

Libur Panjang Lebaran, PMI Minta Warga Surabaya Donorkan Darah Sebelum Mudik

Laporan Denza Perdana | Senin, 11 Juni 2018 | 16:12 WIB
Triksi Hendria Kepala Humas UDD PMI Surabaya saat berkunjung ke kantor Radio Suara Surabaya, Senin (11/6/2018). Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surabaya meminta pendonor darah di Kota Surabaya mendahulukan kegiatan rutin mendonorkan darahnya sebelum mudik Lebaran 2018.

Triksi Hendria Kepala Humas UDD PMI Surabaya mengatakan, memang stok darah PMI saat ini bisa dikatakan masih mencukupi untuk kebutuhan beberapa hari ke depan di Surabaya.

"Tapi kan libur lebaran ini lebih panjang. Khawatirnya, stoknya kurang. Jadi kami, di PMI, memohon agar masyarakat yang biasa donor jangan ditunda-tunda lagi," ujarnya kepada suarasurabaya.net, Senin (11/6/2018).

Selama Libur Lebaran, Kantor UDD PMI, di Jalan Embong Ploso Nomor 7-15 Kota Surabaya, akan tetap buka dari pagi pukul 07.00-21.00 WIB untuk melayani para pendonor darah.

Imbauan PMI ini mengingat libur lebaran kali ini lebih dari sepekan. Bila dalam waktu itu tidak ada pendonor yang mendonorkan darahnya, PMI khawatir kebutuhan darah di Surabaya tidak mencukupi.

"Dalam sehari, kebutuhan darah PMI Surabaya antara 350-400 kantong. Tapi kan kalau seminggu lebih enggak ada yang donor, khawatir juga," ujar Triksi saat berkunjung ke kantor Radio Suara Surabaya.

Adapun stok darah di PMI Surabaya per hari ini, 11 Juni, untuk sel darah merah jumlah stok yang ada sebanyak 648 kantong, trombosit 697 kantong, dan whole blood (darah lengkap) sebanyak 145 kantong.

"Nah, kalau tidak ada yang donor, kami khawatir stok harian bisa di bawah 500 kantong, atau bahkan lebih sedikit lagi sehingga kebutuhan darah per hari tidak bisa terpenuhi," ujarnya.(den/tna)


LAINNYA