SS TODAY
Info Mudik Gratis Pemprov Jatim

Dishub Jatim Berangkatkan Kelompok Pertama Bus Mudik Gratis 2018

Laporan Denza Perdana | Selasa, 12 Juni 2018 | 09:52 WIB
Sebanyak 77 bus Mudik Gratis Pemprov Jatim 2018 diberangkatkan dari depan Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Selasa (12/6/2018). Foto: Denza suarasurabaya
suarasurabaya.net - Sebanyak 77 bus Mudik Gratis Pemprov Jatim 2018 diberangkatkan dari depan Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Selasa (12/6/2018).

Wachid Wahyudi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur mengatakan, 77 bus ini menjadi bagian dari pemberangkatan pertama 926 bus yang disiapkan untuk mudik gratis.

Dari total jumlah bus itu, 560 bus diantaranya disiapkan Pemprov Jatim, sedangkan sisanya bus yang disiapkan pemkab/pemkot, serta perusahaan-perusahaan di Jawa Timur.

"Saya yakin, ini (pemberangkatan bus mudik gratis,red) terbanyak di seluruh Indonesia. Bahkan yang terbanyak di seluruh dunia. Saya juga yakin ini lebih banyak dari yang disediakan pemerintah pusat," ujarnya.

Sebanyak 77 bus mudik gratis yang diberangkatkan dari Dishub Jatim ini hanya sebagian dari total bus yang diberangkatkan di beberapa lokasi di Surabaya hari ini.

Selain di FR Barat Jalan Ahmad Yani, pemberangkatan bus mudik gratis juga dilaksanakan di Kantor Radar Surabaya, Jalan Kembang Jepun, juga di PT SIER, serta dua kampus, baik ITS dan Unair.

"Pemberangkatannya sengaja disebar, supaya massa tidak terkonsentrasi di satu tempat. Besok masih ada 97 bus yang diberangkatkan di sini, di depan Kantor Dishub," ujarnya.

Wachid menjelaskan, Mudik Gratis 2018 dengan bus yang disediakan Pemprov Jatim merupakan bagian dari mudik gratis dengan moda transportasi lain. Baik Kereta Api dan Kapal, yang total menyediakan 208.203 tempat duduk.

"Memang yang terbanyak masih bus. Pendaftarnya sampai hari ini 98 persen," ujar Wachid. "Selain untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu, tujuan mudik gratis ini adalah untuk keselamatan."

Sebab itulah, kata Wachid, selain mengangkut penumpang, Pemprov Jatim juga memfasilitasi pengangkutan sepeda motor.

Bambang Haryo Anggota Komisi V DPR RI yang hadir dalam pemberangkatan bus mengatakan, mudik gratis Jatim ini jumlahnya 250 persen lebih banyak dari yang disediakan pemerintah pusat.

"Saya berharap tahun depan ada pendataan yang memastikan bahwa memang yang mendaftar ini dari kalangan masyarakat kurang mampu," kata Bambang.

Pemberangkatan bus Mudik Gratis 2018 ini membuat Jalur Frontage Road Barat ditutup. Kendaraan roda dua dialihkan sementara ke jalan utama Ahmad Yani.

Barikade atau barrier plastik terpasang sejak Mal City of Tomorrow (Cito). Tersisa satu sudetan jalan menuju Dukuh Menanggal.(den/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA