SS TODAY
Info Mudik

Polres Bojonegoro Uji Kelayakan 20 Bus

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 12 Juni 2018 | 19:01 WIB
Sejumlah petugas memeriksa kendaraan bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Selasa (12/6/2018). Foto: Antara
suarasurabaya.net - Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan uji kelayakan atau "ramp check" 20 kendaraan bus di Terminal Rajekwesi sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi angkutan Hari Raya Idul Fitri, Selasa (12/6/2018).

Sugeng Sentot Waluyo Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Rajekwesi Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro menjelaskan uji kelayakan 20 kendaraan bus langsung dipimpin AKBP Ary Fadly Kapolres.

Di dalam uji kelayakan atau "ramp check" sebanyak 20 bus dengan didampingi petugas dari dinas perhubungan (dishub), Jasa Raharja, menurut dia, diketahui ada satu kendaraan bus yang ban bagian belakang tipis.

"Bus itu dilarang jalan sebelum dilakukan pergantian ban," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Selain itu, lanjut dia, petugas juga melakukan pemeriksaan urine 20 pengemudi bus untuk jurusan Surabaya, Ngawi, juga Cepu Jawa Tengah.

"Dari hasil pemeriksaan urine tidak ditemukan yang mengandung narkoba. Tapi ada beberapa pengemudi dari hasil uji kesehatan diketahui memiliki tekanan darah tinggi," ucapnya menambahkan.

Meski demikian, menurut dia, beberapa pengemudi yang memiliki tekanan darah tinggi memperoleh pengobatan dan tetap diperbolehkan jalan.

"Sesampai di terminal tujuan diminta pengemudi itu beristirahat," ucapnya.

Terkait dengan kelengkapan surat kendaraan bermotor, menurut dia, dari 20 kendaraan bus tidak ada masalah semuanya memenuhi persyaratan.

"Semua surat-surat kendaraan bus tidak bermasalah," ujarnya.

Dishub, lanjut dia, sebelumnya juga sudah melakukan "rump check" sebanyak 50 kendaraan bus di terminal setempat meliputi kesehatan awak bus, administrasi kendaraan, juga unsur teknis kendaraan.

"Petugas terminal juga selalu mengecek kendaran bus yang akan berangkat," ucap Sentot menambahkan.

Ia menambahkan arus mudik yang turun di Terminal Rajekwesi mencapai puncaknya H-3 dan H-2, karena pekerja perusahaan swasta baru libur hari ini.

"Peningkatan jumlah arus mudik yang turun di terminal hari ini cukup tajam," ucapnya menambahkan.(ant/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA