SS TODAY
Info Mudik

Jangan Lupa Bawa Bekal pada Puncak Mudik Kedua Hari Ini

Laporan Jose Asmanu | Rabu, 13 Juni 2018 | 08:19 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan, prediksi puncak arus mudik lebaran gelombang dua yang terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran, ternyata benar adanya.

Sejak kemarin hingga Rabu dinihari (13/6/2018), di jalan tol Cikarang sampai Cikampek menjelang gerbang tol Cipali, terjadi kepadatan yang cukup serius, Kepadatan ini melebihi puncak mudik hari pertama, yakni pada 8 dan 9 Juni 2018.

Ribuan mobil bernopol Jakarta memasuki tol Cipali dalam waktu yang bersamaan. Ribuan kendaraan itu sebagian besar menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tidak hanya itu, kepadatan juga terpantau sempat terjadi di Jakarta, tepatnya di gerbang tol Semanggi menuju Cawang Halim dan Cikarang. Diperkirakan, ruas jalan di Jakarta mulai sepi pada Kamis besok (14/6/2018), dikarenakan warga Jakarta sudah meninggalkan ibukota untuk perjalanan mudik.

Irjen Pol Royke Lumowa Kakorlantas Polri mengatakan, kemecatan di jalan tol Cipali dikarenakan banyaknya mobil yang diparkir di punggir jalan. Pengemudi memilih bahu jalan dikarenakan arena di rest area sudah penuh diisi oleh mobil pemudik.

Selain kelelahan dan mengantuk, sebagian para pengemudi yang memarkir kendaraannya di pinggir jalan juga ikut menunggu dibukanya jalan tol fungsinal.

Jalan tol baru menuju Brebes, Pemalang, Batang sampai Semarang, hanya dioperasikan mulai pkl 06.00 WIB sampai pkl 17.00 WIB. Sedangkan pada malam hari, jalan tol ditutup untuk semua jenis kandaraan.

"Fasilitas jalan tol fungsional ini belum lenkap, lampu penerangan dan rambu rambu lalulintas belum terpasang," kata Royke.

Jalan tol fungsional yang secara khusus ada di Provinsi Jatim yang digunakan untuk mudik Lebaran 2018, tercatat memiliki panjang 97,16 kilometer.

"80,45 kilometer di antaranya merupakan jalan tol Trans Jawa dan 16,71 kilometer lainnya merupakan jalan tol non-Trans Jawa," tambahnya.

Nila F Moeloek, Menteri Kesehatan menyerukan kepada masyarakat yang akan mudik lebaran, supaya berhati-hati di jalan. Ia juga menyaranakan untuk selalu menjaga kesehatan, tidak memaksakan diri mengemudikan kendaraan dalam keadaan lelah dan mengantuk.

Masih terkait dengan arus mudik lebaran, Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri menyampaikan apresiasinya kepada Soekarwo Gubernur Jatim, yang telah melakukan kesiapan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2018 dengan baik bersama jajaran Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya.(jos/tna)


LAINNYA