SS TODAY
Info Mudik

Posko Mudik di Kawasan Hutan Jatim Tawarkan Tempat Istirahat yang Nyaman

Laporan Denza Perdana | Sabtu, 16 Juni 2018 | 17:36 WIB
Suasana di salah satu Posko Mudik Lebaran di kawasan hutan, yang didirikan Perhutani. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Perusahaan Umum (Perum) Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Timur menyiagakan delapan Posko Mudik dan Balik Lebaran 2018 di beberapa titik wilayah hutan di Jawa Timur.

Delapan Posko Mudik dan Balik itu berada di tepi jalan atau di pinggir hutan: di KPH Tuban; Ngawi; Lawu DS; Saradan; Pasuruan; Bondowoso; Probolinggo; dan Banyuwangi Barat.


Situasi di Rest Area atau Posko Mudik Lebaran yang dibangun Perhutani Divre Jatim. Foto: Istimewa

Sangudi Muhammad Kepala Perum Perhutani Divre Jatim mengatakan, posko-posko itu sangat nyaman untuk beristirahat bagi para pemudik yang melewati hutan di Jatim.

Berlokasi di lingkungan Hutan Jati dan Hutan Rimba, pemandangan di sekitar masing-masing Posko Mudik yang dibangun Perhutani itu hijau dan indah.


Fasilitas di Rest Area atau Posko Mudik Lebaran yang dibangun Perhutani Divre Jatim. Foto: Istimewa

Perhutani Jatim juga menyediakan tempat sholat, tempat istirahat, serta toilet bersih untuk para pemudik yang hendak beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

"Sangat nyaman untuk istirahat dan melepas penat akibat lelah perjalanan," katanya dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (16/6/2018).

Sejumlah petugas piket Perhutani bersama anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), kata Sangudi, bersiaga di masing-masing posko untuk membantu para pemudik.

Delapan posko mudik lebaran ini, kata dia, sudah beroperasi sejak H-7 Lebaran 2018 dan akan terus dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran yang akan datang.

"Kami inventarisir, sepanjang jalan besar di Jawa Timur pasti melewati kawasan hutan. Karenanya, posko ini sangat cocok untuk para pemudik," ujarnya.

Perhutani Jatim, kata Sangudi, akan terus menambah pelayanan di Posko Mudik Lebaran kawasan hutan itu agar semakin nyaman sebagai jujugan beristirahat para pemudik.

Sebab, dia mengklaim, pembukaan posko ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, setiap kali terjadi momentum mudik dan arus balik sebelum maupun sesudah lebaran.

"Kami akan terus kembangkan ke depannya," ujarnya. Menurutnya, posko mudik ini merupakan wujud kepedulian Perhutani kepada masyarakat Jawa Timur.(den)


LAINNYA