SS TODAY

Macet Hari Kedua Lebaran, Tol Fungsional Wilangan Sampai Dibuka Malam Hari

Laporan Denza Perdana | Sabtu, 16 Juni 2018 | 21:02 WIB
Suasana melewati tol fungsional di malam hari, Sabtu (16/6/2018). Polisi memutuskan membuka Tol Fungsional Wilangan di malam hari demi mengurai kemacetan yang terjadi di Ngawi-Surabaya pada Hari Kedua Lebaran 2018. Foto: Martha Kurnia via Whatsapp Suara Surabaya
suarasurabaya.net - Kepadatan dan penumpukan kendaraan yang cukup panjang terjadi di beberapa jalur tol maupun arteri dari Ngawi menuju Surabaya pada hari kedua lebaran, Sabtu (16/6/2018) malam. Demi mengurai kemacetan polisi sampai membuka Tol Fungsional Wilangan meski sudah malam hari dan minim penerangan.

AKP Imam Mustolih Kasatlantas Polres Madiun membenarkan, terjadi penumpukan kendaraan sejak pukul 18.50 WIB di Jalur Tol Ngawi ke arah Surabaya. Penumpukan kendaraan terjadi di rest area kilometer 622. "Untuk jalur arteri sudah sampai Pos Lemah Abang," katanya kepada Radio Suara Surabaya.

Menurutnya ada tiga penyebab kemacetan yang terjadi pada hari ini. Pertama banyaknya perlintasan sebidang rel kereta api, terjadinya peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan pada hari kedua lebaran hari ini, serta terjadinya bottleneck di arteri arah ke Kabupaten Madiun.

"Kami masih bersama Ditlantas Polda Jatim dan kami konsolidasi untuk mengurai kemacetan malam ini. Untuk Bagor masuk Nganjuk akan ada pengawalan dan terus gunakan jalur fungsional," katanya. "Tol fungsional juga kami buka, kami keluarkan di Begadung Nganjuk Interchange."

Sementara itu, AKP Amri Kasatlantas Polres Nganjuk mengatakan, Tol Wilangan-Kertosono dibuka sementara. Kendaraan yang melintas dikeluarkan ke Begadung dengan rute sepanjang 12 kilometer dari keseluruhan Tol Fungsional yang seharusnya 32 kilometer.

"Kami menyiapakan Sabhara untuk membawa penerangan. Kami arahkan agar kendaraan jalan maksimal 30 kilometer per jam," katanya.

Sekitar pukul 20.00 WIB Tol Fungsional Wilangan dibuka. Martha Kurnia, pendengar Radio Suara Surabaya yang tinggal di Suko Indah Sidoarjo mengatakan, kendaraan yang mengarah ke Nganjuk, Jombang, dan Mojokerto dipersilahkan ke Tol Fungsional.

"Suasananya gelap, ya. Banyak warna merah (lampu kendaraan,red). Tapi di setiap persimpangan ada polisi yang berjaga. Dijaga ketat itu. Tapi sekarang ini (sekitar pukul 20.11 WIB) sudah mulai macet lagi di Tol Fungsional," katanya.

Ferry pendengar Radio Suara Surabaya yang tinggal di Tulungagung mengatakan, sekitar pukul 20.31 WIB Tol Fungsional Wilangan sudah ditutup kembali. "Apess," katanya.

Menurut informasi yang didapat Suara Surabaya penutupan tol ini dilakukan oleh polisi karena jalan keluar tol, yakni di Begadung Nganjuk Interchange sudah mulai terjadi kemacetan.(den)


LAINNYA