SS TODAY
Info Mudik

Arus Balik Mulai Terlihat, Puluhan Ribu Penumpang Padati Purabaya

Laporan Anggi Widya Permani | Minggu, 17 Juni 2018 | 19:42 WIB
Penumpang di Terminal Purabaya Surabaya, Minggu (17/6/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pada H+2 Lebaran, Minggu (17/6/2018), penumpang di Terminal Purabaya Surabaya terpantau padat. Muhamad Fadli Kepala Bidang Pendapatan Terminal Purabaya mengatakan, terhitung sejak pukul 00.00 WIB hingga 16.00 WIB, Terminal Purabaya sudah memberangkatkan 37.484 penumpang dengan 844 bus.

Trend mudik lebaran hari ini, kata Fadli, sama seperti sebelumnya. Banyak penumpang yang melakukan perjalanan untuk bersilaturahmi ke keluarganya, khususnya jarak pendek. Untuk itu, pihak Terminal Purabaya sempat menerjunkan 24 armada bus tambahan rute jarak pendek, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Adapun tujuan yang paling banyak diminati penumpang, diantaranya Kediri, Tulungagung, Malang, Solo, Yogyakarta, dan Banyuwangi.

"Sejauh ini jumlah penumpang pada arus mudik meningkat dari tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu, total penumpang sekitar 71.000, tahun ini sudah mencapai 73.515. Tahun ini benar-benar meningkat. Sudah ada 27 bus armada tambahan untuk jarak pendek, di antaranya 24 bus Damri dan 3 bus pariwisata," kata Fadli, Minggu (17/6/2018).

Selain arus mudik, kata Fadli, ternyata pada hari ketiga lebaran ini arus balik juga mulai terpantau di Terminal Purabaya. Sejak pukul 00.00 WIB hingga 17.00 WIB, jumlah kedatangan penumpang di terminal sudah mencapai 26.044 penumpang dengan melibatkan 794 bus.

Para penumpang yang datang, kata Fadli, berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Malang, Tulungagung, dan Banyuwangi. Diprediksi, Senin (18/6/2018) besok, arus balik lebaran sudah mulai terpantau ramai.

"Sebagian penumpang kami pantau sudah ada yang mulai arus balik. Jumlahnya pun tidak jauh berbeda dengan arus mudik, atau selisih beberapa saja. Tapi memang untuk hari ini masih didominasi arus mudik. Besok, diperkirakan sudah lebih banyak arus baliknya," tambahnya.

Fadli menegaskan, pihaknya mengaku siap dan siaga untuk menyambut arus balik. Baik dari segi infrastruktur, pengamanan hingga pelayanan, sudah disiapkan dengan matang. (ang/iss)
Editor: Denza Perdana



LAINNYA