SS TODAY
Info Mudik

Lebaran Tahun Ini, Pelindo III Antarkan 16.502 Pemudik

Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 18 Juni 2018 | 11:19 WIB
Ilustrasi. Pemudik di pelabuhan. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Selama arus mudik lebaran 2018, PT Pelindo III mengantar 16.502 pemudik hingga ke kampung halaman. BUMN operator pelabuhan memberangkatkan pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, ke 12 kota tujuan.

Tahun ini, Pelindo III sebenarnya mentargetkan 14.000 orang. Namun dengan pelayanan prima, BUMN melebihi target hingga 16.502 pemudik jalur laut. Bersinergi dengan Pelni, Damri, puluhan armada bus eksekutif, pemudik juga mendapat boks makanan sebagai pelengkap pelayanan.

"Kita bersyukur atas lancarnya pelaksanaan Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III yang sejalan dengan amanah Presiden agar kementerian, lembaga, dan BUMN untuk bekerja sama mendukung mudik tahun ini dengan motto Mudik Bareng Guyub Rukun. Mereka kebanyakan dari masyarakat kelas menengah ke bawah, bisa selamat dan nyaman diantar sampai ke terminal terdekat di kampung halamannya," kata Ari Askhara, CEO Pelindo III di Surabaya, Senin (18/6/2018).

Ari Askhara menambahkan, program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini menjalankan bisnis dengan mengutamakan aspek kemanusiaan.

"Pelindo III kini mengusung slogan Beyond Port of Indonesia, jadi menyediakan 14.000 kursi bus gratis menjadi bentuk beyond services atau pelayanan pelabuhan yang lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat. Harapannya 'BUMN Hadir Untuk Negeri' semakin terasa," tambahnya.

Sementara Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat memaparkan, berdasarkan catatan mayoritas pemudik dari Pelabuhan Tanjung Perak mengambil bus gratis dengan rute Surabaya-Madiun sebanyak 2.843 pemudik dan rute Surabaya-Jember 2.546 pemudik. Sedangkan untuk keberangkatan bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang rute dengan pemudik terbanyak yakni Semarang-Wonosobo dengan 931 pemudik dan Semarang-Purworejo dengan 834 pemudik.

"Puncak arus mudik gratis di kedua pelabuhan terjadi pada hari yang sama yakni tanggal 11 Juni. Di Tanjung Perak dalam satu hari sandar 3 kapal, yakni KM Labobar, KM Awu, dan KM Niki Barokah dengan peserta mudik gratis mencapai 1.824 orang. Kemudian di Tanjung Emas sandar KM Leuser dengan peserta mudik gratis sebanyak 517 orang," paparnya.

Berdasarkan data Pelindo III, secara umum pada pelabuhan di 7 provinsi kawasan operasi Pelindo III menunjukkan puncak arus mudik terjadi tanggal 11 Juni atau H-4, total penumpang mencapai 30.291 orang. Sementara itu, puncak arus mudik secara total di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebagai pelabuhan terbesar di wilayah Pelindo III terjadi pada H-2 atau tanggal 13 Juni dengan penumpang yang turun (Embarkasi) mencapai 14.507 orang dan penumpang yang naik (debarkasi) sebanyak 687 orang.

Mayoritas pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berasal dari Pelabuhan Balikpapan dengan 13.975 orang, Banjarmasin dengan 8.688 orang, dan Kumai dengan 6.804 orang.

Sedangkan untuk sebagian besar pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang berasal dari Pelabuhan Kumai dengan 10.499 orang, Tanjung Priok Jakarta 7.082 orang, dan Sampit 6.139 orang. Pelabuhan asal tersebut menunjukkan daerah tujuan perantauan bagi masyarakat yang berangkat dari dua pelabuhan besar yang dioperasikan oleh Pelindo III (Tanjung Perak dan Tanjung Emas). (bid/iss)
Editor: Ika Suryani Syarief



LAINNYA