SS TODAY

Pilkada Serentak, RSUD Dr Soetomo Sediakan 5 TPS Keliling

Laporan Anggi Widya Permani | Selasa, 26 Juni 2018 | 21:25 WIB
Ilustrasi. Seorang pasien RSUD Dr Soetomo Surabaya ini meski diinfus masih bisa mencoblos dengan bilik coblosan yang ditaruh di atas tempat tidur saat didatangi petugas TPS Keliling. Foto: Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - RSUD Dr. Soetomo Surabaya akan membuka 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS) keliling pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak, Rabu (27/6/2018) besok. Penyediaan 5 TPS keliling itu dilakukan bekerja sama dengan pihak KPPS Gubeng Airlangga, untuk mensukseskan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018.

Selain itu, juga membantu para pasien untuk tetap menyalurkan hak suaranya, meski dalam kondisi sakit. dr Pesta Parulian Kepala Humas RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan pihaknya hanya membantu untuk memfasilitasi tempat. Terkait siapa saja pasien yang bisa menggunakan hak pilihnya, kata dia, itu merupakan keputusan dari pihak KPPU.

Pihaknya juga tidak bisa memastikan, apakah pegawai RSUD Dr. Soetomo yang sedang berdinas diperbolehkan mengikuti pelaksanaan pemungutan suara, melalui TPS keliling di rumah sakit. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak KPPU besok.

"Dari kita hanya memfasilitasi tempat. Keputusan siapa yang boleh menggunakan hak pilihnya, itu kewenangan KPPU. Saya tidak tahu berapa jumlah pasien yang berhak dan saya juga tidak tahu kriteria pasien disini. Kita berharap semuanya berjalan lancar," kata dr Pesta saat dihubungi suarasurabaya.net, Selasa (26/6/2018).

Adapun lokasi untuk 5 TPS keliling yang telah disiapkan, sebagai berikut:

1. TPS 01 bertempat di IRNA OBGYN (asal TPS Lapangan Darmawangsa)
2. TPS 02 bertempat di IRNA MEDIK (asal TPS Dharmawangsa gg IV)
3. TPS 04 bertempat di IGD lantai 1 (asal TPS Dharmawangsa gg VII)
4. TPS 34 bertempat di IRNA JIWA (asal TPS Karmen 2 No. 19)
5. TPS 35 bertempat di GRUI lantai 1 (asal TPS Karang Menjangan 3B No. 11)

Untuk sistem TPS keliling nantinya, kata dr Pesta, masing-masing TPS akan dijaga 2 petugas Banpol PP RSUD dan dibantu 3 tenaga medis, untuk membantu para pasien. Misalnya, membantu para pasien yang kesusahan untuk bangun dari tempat tidurnya. Waktu pelaksanaan TPS keliling itu, akan dimulai pukul 12.00-13.00 WIB.

"Nanti KPPS akan dibantu sama security rumah sakit untuk pengawalannya dan ada perawat juga yang turut membantu, mungkin ada pasien yang kesusahan untuk bangun, nanti akan dibantu. Pelaksanaan pendaftaran di TPS mulai pkl 12.00 - 13.00 WIB, dan pelaksanaan pemilihan dilakukan sampai habisnya pendaftar," jelasnya.

dr Pesta berharap, adanya fasilitas TPS keliling ini, masyarakat yang berada di RSUD Dr. Soetomo bisa tetap mengikuti pemilihan dan menggunakan hak suaranya dengan baik dan benar. (ang/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA