SS TODAY

Kunci Kotak Suara Tidak Cocok, Pencoblosan di TPS 005 Sepanyul Jombang Sempat Tertunda

Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 27 Juni 2018 | 08:42 WIB
Kunci gembok tidak cocok, pencoblosan di TPS 005 Sepanyul, Gudo, Jombang sempat tertunda. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Proses pemungutan suara Pilgub dan Pilbub di TPS 005 Dusun Balong Gading, Desa Sepanyul, Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang sempat tertunda.

Puluhan warga yang datang sejak pukul 07.00 WIB, harus menunggu dimulainya pencoblosan. Panitia Pemungutan Suara mengalami kendala saat membuka kotak suara karena kunci segel kota suara tidak cocok.

Setelah berkoordinasi dengan Panwas setempat, akhirnya kotak suara dibuka paksa dengan cara dicongkel.

Sugeng Riyadi Ketua Panwas Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang di lokasi mengatakan, belum bisa memastikan apakah kunci itu tertukar dengan kunci gembok kotak suara yang ada di TPS lain. Pihaknya masih melakukan cek untuk ke TPS lain.

Menurut Sugeng, setelah dilakukan pembukaan paksa dan dilihat isinya tidak ada yang bermasalah. Seluruh kertas suara baik Pilbup maupun Pilgub sejauh ini aman. Sekitar pukul 08.15 WIB baru bisa dimulai pemungutan suara.

Sekadar diketahui, lokasi TPS 005 itu merupakan tempat mencoblos keluarga Nyono Suharli Wihandoko Calon Bupati Jombang nomor urut 2. Di antaranya yang terdaftar dalam DPT yaitu Ir Tjaturina Yulistuti istrinya dan Devy Mutia Pisesha putrinya.

Sementara Nyono Suharli Wihandoko sendiri sejak menjadi Bupati telah pindah Kependudukan di Kecamatan Jombang bersama satu anaknya yang lain. Namun saat ini, Nyono tengah menjalani proses hukum di KPK.

Sedangkan untuk jumlah pemilih di TPS 005 Desa Sepanyul itu, terdapat 528 pemilih yang terdaftar di DPT. (bid/ang/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA