SS TODAY

Warga Kota Malang Cukup Antusias Memberikan Hak Suaranya di TPS

Laporan Farid Kusuma | Rabu, 27 Juni 2018 | 10:23 WIB
Menjelang pukul 09.00 WIB, Warga Kota Malang yang terdaftar di TPS 01 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, mulai memadati lokasi pencoblosan, Rabu (27/6/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Warga Kota Malang, hari ini, Rabu (27/6/2018), berkesempatan menentukan pemimpin kota dan Provinsi Jawa Timur periode lima tahun ke depan, melalui Pilkada serentak yang tahun ini digelar di 171 daerah.

Pantauan suarasurabaya.net, di TPS 01 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, masyarakat cukup antusias mendatangi lokasi pencoblosan.

Dari pukul 7.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB, tercatat sudah 101 orang warga Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang mencoblos di TPS 01, dari total 365 orang dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Seperti Yani Warga Kota Malang, seorang ibu rumah tangga yang terlihat begitu bersemangat mendatangi TPS bersama seorang putrinya.

Menurut Ibu Yani, dia dan keluarga tidak punya persiapan khusus sebelum mencoblos. Tapi, dia sudah punya pilihan pasangan calon Wali Kota Malang dan pasangan calon Gubernur Jawa Timur periode 2018-2023, sesuai hati nuraninya.

"Saya tidak punya persiapan khusus, cuma mengikuti hati nurani saja supaya terpilih pemimpin yang terbaik dan bisa mengayomi dan menghadirkan kesejahteraan buat masyarakat Kota Malang, dan Jawa Timur pada umumnya," ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (27/6/2018), di Kota Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, Ashari Husein Wakil Ketua KPU Kota Malang memasang target sedikitnya 450 ribu orang atau 75 persen dari total Warga Kota Malang yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), memberikan suaranya.

Berdasarkan data, ada 600.646 orang Warga Kota Malang yang punya hak pilih, dan tersebar di 57 Kelurahan di Kota Malang.

Ashari sadar, untuk mencapai target keikutsertaan masyarakat itu bukan perkara gampang. Apalagi, pascaterungkapnya kasus korupsi yang melibatkan dua dari tiga calon Wali Kota Malang.

Sekadar diketahui, Pemilihan Wali Kota Malang yang digelar berbarengan dengan Pemilihan Gubernur Jawa Timur, diikuti tiga pasang calon. Pasangan nomor urut 1, Ya'qud Ananda Gudban dan Ahmad Wanedi diusung PDI Perjuangan, PAN, Hanura, dan PPP.

Pasangan nomor urut 2, Mochamad Anton dan Syamsul Mahmud diusung PKB, PKS, dan Partai Gerindra. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat. (rid/ang/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA