SS TODAY

Proses Pencoblosan di Lapas Klas 2 Jombang Lancar

Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 27 Juni 2018 | 11:48 WIB
Pemungutan suara Pilbub dan Pilgub di Lapas Klas 2 Jombang cukup lancar. Warga binaan setelah mencoblos memasukkan surat suara. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sebanyak 393 warga binaan di Lapas Klas 2 Kabupaten Jombang menyalurkan hak suaranya di kawasan rumah tahanan. Mereka difasilitasi oleh KPU Jombang menggunakan TPS keliling.

"Jumlah total yang memiliki hak pilih ada 393 warga binaan. Bisa dilihat hari ini mereka menjalani pencoblosan dengan aman," ujar Sulistiyono Kepala Lapas Klas 2 Jombang kepada suarasurabaya.net, Rabu (27/6/2018).

Sulistiyono mengatakan, upaya memfasilitasi hak pilih warga binaan ini telah disiapkan jauh hari. Pihak Lapas membantu KPU dalam menyiapkan data dan mensosialisasikan kepada keluarga tahanan agar membawakan KTP dan menguruskan A5 KWK.

"Alhamdulilah kerja sama dengan KPU berjalan lancar, kami bisa memberikan fasilitas mencoblos bagi warga binaan," katanya.

Burhan Abadi Komisioner KPU Kabupaten Jombang ditemui di lokasi mengatakan, persiapan telah dilakukan sejak jauh hari. Untuk mengupdate data semakin rutin dilakukan tiga hari sebelumnya.

"Hari ini berjalan baik. Mereka terfasilitasi," katanya.

Pencoblosan di Lapas, kata Burhan, dilayani dengan dua cara yakni menggunakan A5 dan bagi yang masuk DPTB cukup menggunakan KTP elektronik yang masih di wilayah Jatim. Tentunya, mereka yang di luar Jombang hanya mendapatkan satu kertas suara yakni untuk Pilgub.

"Warga binaan yang berkependudukan Jombang mendapatkan dua surat suara untuk Pilbub dan Pilgub," ujarnya.

Pantauan suarasurabaya.net, pemungutan suara Pilbub dan Pilgub di Lapas Klas 2 Jombang cukup lancar. Para warga binaan mengantre satu persatu dengan membawa A5 dan KTP untuk bergiliran masuk di bilik suara.

Proses pencoblosan di Lapas ini dimulai pukul 07.00 WIB dan akan ditutup pukul 13.00 WIB. Penjagaan cukup ketat di luar Lapas ada mobil barakuda dari Polres Jombang. Penjagaan di dalam juga cukup ketat. (bid/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA