SS TODAY

Pilkada Terpantau Aman, KPU: Tunggu Hasil Resmi Berdasarkan TPS

Laporan Jose Asmanu | Rabu, 27 Juni 2018 | 15:00 WIB
Kegiatan penghitungan suara di TPS 1 Magersari Sidoarjo. Foto: Jose suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pelaksanaan Pilkada serentak di 171 daerah berlangsung aman. Pihak KPU sama sekali tidak menerima laporan, adanya kejadian yang mengancam pelaksanaan pemungutan suara menjadi batal.

Kesimpulan itu, diungkapkan saat pertemuan singkat Arief Budiman Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Menko Polhukam, Bawaslu, DPR RI Komisi II, dan Soekarwo Gubernur Jatim, di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo.

"Saya minta informasi tadi ke Bawaslu, bahwa info sementara tidak ada laporan yang menganggu pelaksanaan pemungutan suara dan tidak ada pemilih yang ditolak. Sebentar lagi proses penghitungan suara akan segera dimulai," kata Arief, Rabu (27/6/2018).

Arief juga mengingatkan kepada masyarakat, bahwa quick count jangan dianggap sebagai hasil final. Sebab, quick count merupakan kesimpulan dari sejumlah sampling yang dilakukan bukan dari penyelenggara pemilu dan bukan 100 persen dari TPS.

Sementara untuk real count, lanjut dia, merupakan hasil penghitungan resmi dari KPU. Pihaknya mengklaim bahwa hasilnya akan lebih valid, karena 100 persen berdasarkan TPS.

"Quick count jangan dianggap sebagai hasil akhir. Tapi gambaran saja. Silahkan menunggu hasil resmi KPU di TPS. Pemilihan kepala daerah di seluruh Indonesia mendapatkan pemantauan dari KPU dan keamanan negara," tuturnya.

Bersama rombongan, Arief dijadwalkan akan memantau penghitungan suara di TPS 1 Magersari Sidoarjo. (jos/ang/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA