SS TODAY

17 Tahanan Ikut Coblosan di TPS Rutan Polrestabes Surabaya

Laporan Anggi Widya Permani | Rabu, 27 Juni 2018 | 16:02 WIB
Suasana coblosan di TPS rutan Polrestabes Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sebanyak 17 tahanan Polrestabes Surabaya mengikuti pelaksanaan pemungutan suara di TPS, yang disediakan di dalam rutan, Rabu (27/6/2018). Dari 17 tahanan itu, 14 orang diantaranya merupakan tahanan dari Satreskoba dan 3 orang dari tahanan Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Ipda Anita Tri Kurnia Dewi Paur II Subbag Humas Bagian Operasional Polrestabes Surabaya mengatakan ratusan tahanan lainnya terpaksa tidak bisa mengikuti pemilihan. Sebab, banyak para tahanan yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan bukan berdomisili Jatim.

"Ada 17 tahanan dari 180 tahanan yang diajukan. Lainnya tidak bisa ikut memilih, karena tidak ada NIK dan bukan warga sini. Tadi ada empat tahanan perempuan yang ikut pemilihan," kata Anita.

Sekitar pukul 12.00 WIB, lanjut dia, petugas TPS 14 wilayah Kelurahan Krembangan mendatangi lokasi TPS di di ruang jenguk rutan. Kemudian, petugas KPPS menyiapkan segala perlengkapan, mulai dari surat suara, bilik suara dan lainnya.

Pelaksanaan juga dijaga ketat oleh pihak kepolisian di lokasi pemungutan suara. Secara teknis, kata Anita, satu per satu tahanan sesuai nomer, akan mendatangi petugas dan menggunakan surat suara di bilik kotak yang disediakan.

"TPS nya di ruang jenguk. Para tahanan maju satu per satu sesuai nomer. Sembari menutup wajahnya, mereka memasukan surat suara ke kotak pemungutan suara," kata Anita.

Usai mencoblos, para tahanan menandai jarinya dengan tinta ungu.

"Lega bisa ikut coblosan. Kami disini berharap bisa cepat keluar dari sini," kat Andri Kusuma Septian salah satu tahanan narkoba. (ang/tna)


LAINNYA