SS TODAY

Gus Ipul Unggul di TPS 03 Meski Ada Sedikit Kesalahan Hitung

Laporan Denza Perdana | Rabu, 27 Juni 2018 | 16:29 WIB
Hasil penghitungan suara di TPS 03 Gayungan, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur unggul dibandingkan pasangan Khofifah-Emil, Rabu (27/6/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Hasil penghitungan suara di TPS 03 Gayungan, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur unggul dibandingkan pasangan Khofifah-Emil. Di TPS ini Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua dan keluarganya menyalurkan suara.

Pasangan Gus Ipul-Puti Guntur memperoleh 272 suara sah, sedangkan pasangan Khofifah-Emil mendapat 176 suara sah. Dari total 453 surat suara yang dihitung, lima di antaranya dinyatakan tidak sah.

Lima surat suara yang tidak sah itu, seluruhnya karena kesalahan pemilik hak suara baik secara tidak disengaja maupun disengaja. Kedua gambar pasangan calon di lima surat suara itu dicoblos.

Sementara, pada proses penghitungan suara di TPS O3 Gayungan, terjadi kesalahpahaman antara petugas pembaca surat suara sah dengan petugas pencatat surat suara sah.

Jumlah suara di lembar Catatan Hasil Penghitungan Perolehan Suara di TPS Model C1.Plano-KWK tidak sama dengan catatan para saksi dan petugas pengawas pemilu.

Ini terjadi karena ada beberapa wartawan yang meminta agar petugas pembaca surat suara sah mengulangi pembacaan surat suara terakhir. Pembacaan ulang sampai tiga kali itu tetap dicatat petugas di lembar C1

"Karena saking bersemangatnya, kami membacakan ulang surat suara terakhir itu sampai tiga kali untuk memenuhi permintaan wartawan. Petugas pencatat ternyata terus mencatatnya," kata Fina Arditasari Ketua KPPS di TPS 03 Gayungan.

Akibatnya, terjadi selisih penghitungan jumlah suara dengan total jumlah surat suara. Suara yang seharusnya didapatkan Gus Ipul sebanyak 272 suara ditulis 274 suara.

Para petugas sempat mendiskusikan hal ini dan sempat menghubungi jajaran di atasnya sampai akhirnya mencoret jumlah surat suara tertulis dan menggantinya dengan jumlah yang benar.(den/tna/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA