SS TODAY

Secara Umum Pilkada Jombang Lancar

Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 27 Juni 2018 | 17:48 WIB
Proses pemungutan suara di RSUD Jombang dilakukan petugas TPS keliling. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pilkada Serentak di Kabupaten Jombang sejauh ini terpantau lancar. Sedari pagi, warga antusias melaksanakan pemungutan suara untuk Pilbub dan Pilgub 2018.

Selain pemungutan suara di 2.147 TPS hari ini, KPU Kabupaten Jombang juga memfasilitasi 393 warga binaan di Lapas Klas 2 Jombang. Selain itu, KPU Jombang juga memfasilitasi TPS keliling di sejumlah Rumah Sakit yang dimulai pukul 12.00 WIB.

Pantauan suarasurabaya.net, pemungutan suara di beberapa TPS di Jombang berjalan cukup lancar. Ada sedikit kendala tapi bisa diatasi seperti kunci gembok segel kotak suara yang tidak cocok yang akhirnya dibuka paksa.

Selain itu, ada sedikit surat suara yang basah karena gudang penyimpanan surat suara bocor saat hujan kemarin. Tapi jumlahnya tidak signifikan dan langsung bisa diganti surat suara tambahan.

Bawaslu kemarin juga memberi peringatan kepada petugas PPS agar mengantisipasi turunnya hujan bagi TPS yang berada di luar gedung. Petugas PPS harus siap mengevakuasi jika tiba-tiba turun hujan.

Burhan Abadi Komisioner KPU Jombang mengatakan, proses pemungutan suara berjalan lancar. Dia berharap partisipasi masyarakat meningkat melampaui target 77,2 persen.

"Kami sudah bekerja keras, dengan target nasional yang dicanangkan KPU 77,5 persen itu harapan kami terlampaui," ujarnya, Rabu sore (27/6/2018).

Menurut Burhan, kalau pun tidak mencapai target, maka KPU Jombang melakukan evaluasi karena variabelnya cukup banyak.

"Kami tadi berkeliling, jalan-jalan lengang sejak pagi. Mudah mudahan itu indikator bahwa masyarakat antusias menggunakan hak suaranya," katanya.

Sekadar diketahui, DPT Kabupaten Jombang sebanyak 977.676 pemilih, yang tersebar di 306 Desa dan 21 Kecamatan. Masyarakat telah menyalurkan hak suaranya untuk Pilbub maupun Pilgub di 2.147 TPS hari ini.(bid/tna/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA