SS TODAY

Pemungutan Suara Ulang di TPS Manukan Digelar Besok

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 30 Juni 2018 | 16:37 WIB
Ilustrasi. Foto: Abidin / Dok suarasuarabaya.net.
suarasurabaya.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 49 di Manukan Kulon, Kecamtan Tandes Surabaya, pada Minggu (1/7/2018).

Nurul Amalia Komisioner KPU Kota Surabaya mengatakan pemungutan suara itu dilakukan, sesuai rekomendasi dari Panwaslu akibat temuan pemilihan ganda yang terjadi beberapa waktu lalu. Untuk pelaksanaan besok, pihak KPU Surabaya mengaku juga telah melakukan beberapa persiapan. Diantaranya, mengganti petugas KPPS yang baru.

"Kami sudah mengganti KPPS yang baru. Kami juga telah melatihnya," kata Nurul, Sabtu (30/6/2018).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga telah menyebar formulir C6 kepada para pemilih yang masuk di DPT TPS 49 Manukan Kulon, untuk kembali melakukan pencoblosan ulang. Pelaksanaan pemungutan suara ulang, akan berlangsung mulai pukul 07.00-13.00 WIB.

"Kami sudah menyebar formulir C6 dan sudah melakukan sosialisasikan bahwa ada coblosan ulang. Selain itu, logistik juga sudah kita siapkan," tuturnya.

Berdasarkan pengalaman pada pelaksanaan pemungutan suara ulang di tahun sebelumnya, kata Nurul, angka partisipasi para pemilih yang datang akan cenderung menurun.

"Kecenderungan naik itu tidak mungkin. Tapi cenderung menurun pasti. Seandainya pada pemilihan sebelumnya yang datang 200 pemilih. Bisa jadi pada saat pemungutan suara ulang bisa 100 pemilih yang hadir," tandas Nurul.

Sekedar diketahui, pelanggaran hak pilih sempat terjadi di TPS 49, Manukan Kulon, Surabaya. Suami istri berinsial KU dan SU diketahui menggunakan hak pilihnya di dua TPS yang berbeda, dengan memanfaatkan hak suara milik orang lain. (ang/bid)
Editor: Zumrotul Abidin



LAINNYA