SS TODAY

KPU Surabaya: Rekapitulasi Suara Pilgub Jatim Tidak Banyak Perubahan

Laporan Anggi Widya Permani | Kamis, 05 Juli 2018 | 15:56 WIB
Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pilgub Jatim yang berlangsung Kamis (5/7/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Nurul Amalia Komisioner KPU Kota Surabaya mengatakan kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pilgub Jatim yang berlangsung hari ini, Kamis (5/7/2018), secara umum tidak terlalu banyak persoalan. Dilihat dari dinamikanya, tidak terlalu banyak perubahan dari hasil yang direkap oleh kecamatan.

Hanya saja, lanjut dia, sempat ada sedikit perbedaan pemahaman dari saksi nomor urut dua dalam menyikapi hasil rekap kota dan kecamatan. Namun permasalahan itu terselesaikan dengan baik dan secara umum tidak terlalu banyak persoalan dari rapat ini.

"Iya tadi ada beda pemahaman dengan saksi paslon nomor 2. Bahwa ternyata bukti yang diberatkan, seperti C1 maupun AA dan DA1nya tidak ada masalah. Catatan mereka yang tidak sama, mungkin bisa jadi dari entrinya yang salah. Kami maklumi itu," kata Nurul, Kamis (5/7/2018).

Dari pantauan suarasurabaya.net, rapat pleno yang berlangsung sejak pukul 11.00 WIB itu, telah membacakan hasil perolehan suara dari 7 kecamatan di Surabaya. Diantaranya Sambikerep, Karangpilang, Pakal, Bulak, Jambangan, Gubeng, dan Dukuh Pakis.

Para saksi paslon juga mulai mengutarakan pendapatnya saat petugas PPK membacakan hasil suara. Termasuk saksi dari paslon satu, yang sempat tidak diperbolehkan bersuara karena tidak memiliki surat mandat.

Namun tidak lama, surat mandat datang dan langsung diserahkan ke pihak KPU. Surat dinyatakan sah dan saksi berhak berpendapat dalam forum.

"Evaluasi dari 7 kecamatan, dari kerja PPKnya cukup bagus, tidak banyak persoalan di lapangan. Cuma tinggal menyamakan pemahaman saja," tambahnya. (ang/tna/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA