SS TODAY

Mulai Besok, KPU Jatim Gelar Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Provinsi

Laporan Denza Perdana | Jumat, 06 Juli 2018 | 15:17 WIB
Kotak suara yang sudah masuk di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur dari berbagai daerah di Jatim, dijaga personel kepolisian, Jumat (6/7/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur siap menggelar rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jatim 2018 mulai besok, Sabtu (7/7/2018) sampai Senin (9/7/2018).

Rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi ini akan digelar di Grand City Convex, Surabaya, dengan dihadiri perwakilan KPU dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Muhammad Arbayanto Komisioner Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan, kotak suara yang berisi lembar C1 hasil rekapitulasi KPU kabupaten/kota sudah hampir seluruhnya masuk ke KPU Jatim.

"Rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota sudah 100 persen. Sampai pukul 10.00 WIB tadi, kotak suara hasil rekapitulasi KPU kabupaten/kota sudah masuk, tinggal tiga daerah dalam perjalanan," katanya Jumat (6/7/2018).

Tiga daerah itu di antaranya dari Kabupaten Jombang, Kota Malang, dan Kabupaten Magetan. Sampai pukul 13.00 WIB, KPU Provinsi Jatim tinggal menunggu kotak suara dari KPU Kota Malang.

Secara umum, kata Arbayanto, persiapan rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi tidak ada kendala berarti. Meskipun ada sedikit problem yang muncul dalam hal administrasi di tingkat kabupaten/kota.

Dia menyebutkan, problem itu berkaitan sinkronisasi antara data pemilih dengan pengguna hak pilih. Arbayanto memastikan, KPU kabupaten/kota relatif sudah menyelesaikan itu semua.

"Mereka sudah berkoordinasi dengan pihak pengawas sehingga tidak ada persoalan signifikan atau terlalu menonjol, kaitannya dengan potensi persoalan yang dalam rekapitulasi di tingkat provinsi," ujarnya.(den)


LAINNYA