SS TODAY

Pemilik Bom Pasuruan Belum Tertangkap, Polri: Tak Perlu Risau

Laporan Denza Perdana | Minggu, 08 Juli 2018 | 16:22 WIB
Tim Labfor Polda Jatim dan Inafis Polres Pasuruan melakukan pemeriksaan sepeda angin yang turut rusak pascaledakan di rumah kontrakan terduga teroris di Pogar, Bangil, Pasuruan. Foto: Dok/Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Terduga teroris pemilik bom yang meledak di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, belum juga tertangkap. Polri meminta masyarakat tetap tenang dan tidak perlu risau.

"Masyarakat tidak perlu risau, kami menjamin keamanan, tim bekerja memburu pelaku," kata Brigjen Mohammad Iqbal Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri di Jakarta, dilansir Liputan6.com, Minggu (8/7/2018).

Iqbal mengatakan, pelaku yang bernama Anwardi alias Abdullah terdeteksi berafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Pasuruan. Dia diketahui pernah terlibat kasus teror bom sepeda di Kalimalang pada 2010 silam.

Anwardi, kata Iqbal, sempat menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang selama lima tahun karena kasus terorisme. Selama di LP Cipinang, Anwardi kerap berkomunikasi dengan komunitas narapidana terorisme lainnya.

"Mereka bergaul dalam suatu pengajian," kata Iqbal.

Meski begitu, Polri memastikan pihaknya tengah bergerak menginvestigasi sel-sel lainnya. Polri juga menjamin keamanan masyarakat dari segala ancaman teror.

"Kami bergerak melakukan upaya investigasi lainnya. Kami juga memburu upaya paksa penangkapan pada terduga pelaku," ucap Iqbal.

Polri juga meminta kerja sama masyarakat dalam memburu terduga pelaku bom Pasuruan. Apabila menemukan orang dengan ciri-ciri seperti pelaku, masyarakat bisa segera melapor ke kepolisian terdekat.

"Imbauan apabila melihat ada seseorang yang mirip dengan terduga pelaku, terluka akibat serpihan ledakan yang meledak sendiri di rumah kontrakan, silakan koordinasikan ke kepolisian setempat," kata Iqbal.(den)