INFO HAJI

Persiapan Pemondokan Haji di Mekah Sudah 98 Persen

Laporan Ika Suryani Syarief | Jumat, 21 April 2017 | 18:44 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama mengatakan proses persiapan pemondokan calon jemaah haji Indonesia di Mekah sudah mencapai 98,95 persen dengan kapasitas 205.394 orang.

Dalam keterangan tertulis yang dikutip Antara, Jumat (21/4/2017), Lukman memaparkan dalam kunjungan kerja ke Arab Saudi bersama Puan Maharani Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Nila Moeloek Menteri Kesehatan bahwa persiapan pemondokan calon jemaah haji di Madinah baru 36,72 persen dengan kapasitas 75.429 calon jemaah.

Kebutuhan akomodasi di Kota Madinah diperlukan untuk memenuhi 207.740 calon haji.

Akomodasi calon jemaah haji selama di Mekah berada di enam wilayah yaitu Aziziah, Mahbas Jin, Misfalah, Jarwal, Syisyah dan Raudah yang menggunakan 150 Hotel dan mampu menampung calon jemaah sebanyak 207.880 orang.

Keseluruhan hotel di enam wilayah tersebut telah dipastikan khusus hanya menampung calon jemaah asal Indonesia.

Sebanyak 56 persen dari 150 hotel tersebut merupakan hotel yang pernah digunakan oleh panitia penyelenggara ibadah haji Indonesia pada tahun sebelumnya, sedangkan sisanya merupakan hotel baru.

Menanggapi laporan Menteri Agama, Menko Puan meminta kepada Kementerian Agama agar sistem pemondokan 100 persen kontrak jangka panjang untuk menekan biaya.

Dalam kunjungan kerjanya ke Madinah, Arab Saudi, Menko PMK juga eninjau fasilitas kesehatan yang menyediakan 75 tempat tidur rawat, 20 tempat tidur UGD dan 80 petugas kesehatan haji.

Lantai satu gedung Klinik Haji Indonesia dimanfaatkan untuk ruang rawat psikiatri; ruang rawat laki-laki dan perempuan; dan ruang penunjang seperti radiologi, laboratorium, gizi, poli gigi dan ruang linen.

Sementara lantai dua dipergunakan untuk depo obat dan alat kesehatan, serta ruang kerja petugas sanitasi surveilans.(ant/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Krian Padat
Heri Viery