INFO HAJI

Banyak JCH Tersesat, Petugas Minta Nomor Call Center atau WA Center Dicatat

Laporan Zumrotul Abidin | Minggu, 13 Agustus 2017 | 20:57 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Alaudin Petugas Siskohat Kemenag Jatim mengatakan, kedatangan Jamaah Calon Haji (JCH) ke Makkah terus berlangsung. Berbagai masalah mulai timbul di kalangan jamaah, mulai dari banyak yang terpisah dan tersesat jalan hingga sakit.

Selain itu, para jamaah sebaiknya tidak mudah percaya dengan orang yang menyamar sebagai petugas. Sebab, hari ini ada seorang pemuda asal Indonesia ditangkap pihak keamanan karena dicurigai menyamar sebagai petugas. Orang ini menjanjikan kepada para jamaah bisa mengantarkan ibadah umroh hingga bisa mencium Hajar Aswat.

"Pemuda ini langsung diamankan oleh pihak keamanan dan dibawa ke sekretariat hotel untuk diinterogasi," ujar Alaudin dalam laporan haji 2017 di Radio Suara Surabaya, Minggu (13/8/2017) malam.

Alaudin mengimbau para jamaah agar mencatat nomor call center di +966920013210. Apabila belum memiliki nomor Arab Saudi bisa ke Whatsapp center di +966503500017.

"Keluhan masalah pada jamaah akan segera direspons. Setelah jamaah telepon dan WA ke nomor tersebut, maka petugas terdekat akan mencari jamaah. Petugas juga dilengkapi aplikasi siskohat dan dilengkapi GPS di HP masing-masing petugas. Petugas bisa memantau keberadaan jemaah yang melapor," katanya.

Masalah jamaah hari ini masih didominasi permasalahan tersesat bingung jalan pulang ke hotel. Jemaah berjalan ke jalan raya tanpa tahu tujuannya. Banyak sekali petugas haji yang mengembalikan para jemaah ke hotel masing-masing.

"Masalah ini akan terus terjadi karena jemaah bertambah banyak di Makkah. Bagi yang belum berangkat harap mencatat nomor call center," katanya. (bid)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA