INFO HAJI

Kemenag: Jamaah Agar Hati-hati Saat Menemukan Barang

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 19 Juli 2018 | 09:38 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Khoirizi H Dasir Direktur Bina Haji Kementerian Agama meminta jamaah dan petugas haji untuk berhati-hati saat menemukan barang-barang di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Petugas dan jamaah haji misalnya menemukan dompet di jalan, tidak perlu diambil tapi laporkan kepada yang berwajib," kata Khoirizi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (19/7/2018) seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan tidak perlunya mengambil barang temuan adalah untuk alasan keamanan. Karena bisa jadi barang yang ditemukan bermasalah misalnya orang yang menemukan dapat tersangkut kasus pencurian.

Khoirizi memaklumi jika jiwa sosial jamaah dan petugas tergolong baik untuk menyelamatkan barang temuan. Tetapi dalam kasus tertentu bisa menjadi persoalan yang rumit.

"Kamera di mana-mana, CCTV ada, apalagi di Masjidil Haram," kata dia.

Untuk itu, dia mengingatkan jamaah dan petugas apabila menemukan barang sebaiknya lapor kepada pihak berwajib sehingga persoalan tersebut ditangani oleh yang berwenang misalnya petugas keamanan setempat.

"Kita wajib berikan kepada yang berwajib. Itu berlaku juga untuk seluruh jamaah haji," katanya. (ant/dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.