JAZZ TRAFFIC

Gabrielle Stravelli Musisi Jazz Dunia Kagumi Musik Jazz di Surabaya

Laporan Agustina Suminar | Selasa, 10 Juli 2018 | 14:51 WIB
Gabrielle Stravelli (kanan) musisi jazz Amerika dan suaminya Pat O'Leary (kiri) saat mengudara di Studio Radio Suara Surabaya, Senin (9/7/2018) malam. Foto: Rully Suara Surabaya
suarasurabaya.net - Gabrielle Stravelli, musisi jazz Amerika Serikat mengagumi musisi jazz maupun para pecinta musik jazz di Surabaya. Ia juga tidak menyangka bahwa masyarakat Surabaya memiliki apresiasi yang tinggi terhadap musik jazz.

"Saya sangat terkesan dan saya pikir, banyak sekali pecinta musik jazz di sini. Saya dan Pat (suami Gabrielle, red) kagum saat melihat banyak orang mengapresiasi budaya kami. Jadi, kami sangat suka dengan pertukaran budaya lebih dari sekadar bagaimana orang-orang tahu musik jazz, dan kami sangat mengapresiasinya," ujar Gabriella saat melakukan wawancara di Radio Suara Surabaya, Senin (9/7/2018).

Sebagai seorang musisi jazz dunia dan menuai banyak pujian dari para kritikus musik, Gabrielle berbagi rahasia bermusiknya.

Menurutnya, seorang musisi harus dapat terbuka dengan para penonton saat berada diatas panggung. Hal ini menurutnya sangat penting untuk dapat mencuri hati penikmat musik dan membuat mereka nyaman terhadap musik yang ditampilkan.

"Saya rasa, saya berusaha untuk mencoba tampil dan memberikan seluruh diri saya untuk penonton. Saya mencoba untuk membuka hati saya. Saya tahu itu karena saat saya memutuskan pergi untuk menonton musik, saya sangat menyukai penampil yang terbuka dan penuh cinta. Itulah kenapa saya pikir orang-orang memiliki reaksi positif terhadap musik saya," jelas Gabrielle.

Kemampuannya dalam bermusik, diakuinya dikarenakan dorongan dan dukungan yang besar dari keluarga. Meski orang tua Gabrielle bukan seorang musisi, tapi ia mengaku keduanya adalah seorang pecinta musik dan memperkenalkannya pada musik jazz.

"Saya selalu bernyanyi dan tidak ingat kapan saat saya tidak bernyanyi, dan saya sangat beruntung orang tua sangat mendukung saya. Saat mereka tahu saya mencintai musik, mereka mengenalkan saya dengan piano waktu kecil," imbuhnya.

Tidak hanya berbagi pengalaman mengenai bagaimana musik jazz berkembang, Gabrielle Stravelli bersama suaminya, Pat O'Leary, juga bersemangat saat mempelajari alat musik di Indonesia.

Hal ini disampaikan Pat bahwa dirinya mengagumi gamelan dan pernah memainkannya. Menurutnya, musik di Indonesia sangat beragam dan unik.

"Saya pernah memainkan gamelan pertama kali di Bali di tahun 2004. Apakah saya bisa memainkannya? saat saya memainkannya itu terdengar sekadar bang bang bang," kata Pat disambut gelak tawa sang istri.

Meskipun begitu, Pat mengaku bahwa dirinya lebih jatuh cinta dengan suara dari alat musik suling.

"Suling saya rasa memiliki suara yang sangat manis, sangat indah sekaligus sangat hangat," tambahnya.

Malam ini, Selasa (10/7/2018), Gabrielle Stravelli dan Pat O'Leary akan melakukan pertunjukan di Buro Bar and Garden, di Jalan Sumatera Nomor 40 Surabaya. Para pecinta musik jazz dapat menyaksikannya pada pukul 18.00-20.00 WIB. (tna/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.