KAMPOENG MEDIA

Volunteer Korea: Kami Senang Mengunjungi Suara Surabaya

Laporan Triono | Kamis, 28 Agustus 2014 | 14:17 WIB
suarasurabaya.net - Du Riina salah satu anggota organisasi World Friend IT Volunteer Korea mengaku senang saat dirinya dan ketiga temannya berkunjung ke Radio Suara Surabaya, Kamis (28/8/2014) siang.

"Saya dan teman-teman senang datang ke Radio Suara Surabaya apalagi bisa memperkenalkan diri langsung secara on air dan ini pertama kalinya kami berkunjung ke radio di Indonesia," kata Du Riina.

Du Riina dan teman-temannya yang juga berprofesi sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi Korea dikirim oleh Pemerintah Korea sebagai sukarelawan di negara-negara berkembang seperti Turki, Afrika, dan salah satunya Indonesia yakni di Surabaya.

Mega satu di antara pengajar SMA Kristen Dharma Mulia Surabaya yang juga mendampingi keempat volunteer asal Korea tersebut mengajak mereka untuk mengunjungi media Radio Suara Surabaya.

"Saya mengajak para volunteer ke Radio Suara Surabaya karena ini merupakan media on air terbesar yang membantu warga Surabaya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan, dan kita ingin menunjukkan dan memperkenalkan kepada mereka kalau kita punya media seperti ini," kata Mega.

Para volunteer Korea tersebut melakukan pengabdian di sekolah SMA Kristen Dharma Mulia dengan memberikan kegiatan kelas rutin pelatihan komputer dan pelatihan taekwondo serta mengajarkan bahasa Korea kepada siswa dan siswi SMA Kristen Dharma Mulia yang menjadi kelas harian dalam sebulan. Selain itu, mereka juga membawa permainan tradisional asal Korea dan layang-layang untuk diterbangkan di Pantai Kenjeran.

"Siswa dan siswi kami jadi antusias kalau diajarkan bahasa Korea sama orang aslinya," katanya sambil tersenyum.

Setelah satu bulan mengabdi di SMA Kristen Dharma Mulia, mereka akan melaporkan kegiatannya selama satu bulan di Surabaya ke negaranya yakni Korea.

"Kami akan menindaklanjuti untuk membantu para volunteer karena ini sudah di tahun ke tujuh sekolah kami menerima sukarelawan seperti mereka, dan kami akan menindaklanjuti volunteer berikutnya apa yang kita inginkan supaya memperluas wawasan untuk siswa dan siswi kami terutama dalam wawasan global yang diawali dari Asia," tambah Mega.

Selain itu, pihaknya juga mengajak para volunteer untuk berkunjung ke media lain di Surabaya, dan mengenalkan tempat wisata seperti Museum House of Sampoerna, Tugu Pahlawan, serta Sentra Batik.

Saat ditanya mengenai kesan mereka setelah berada di Surabaya selama sebulan, Du Riina mengatakan orang Surabaya ramah, welcoming (menerima dengan senang hati--Red), suka bermain, serta makanannya yang enak.

"Saya suka makanan soto, gado-gado, nasi goreng, dan buah tropis di sini, tetapi cuma satu yang saya tidak suka, cuaca di sini panas," tutup Du Riina sambil tersenyum.(ono/ipg)

Teks Foto :
1. Du Riina bertanya mengenai sistem penyiaran Radio Suara Surabaya di meeting SS Media.
2. Para volunteer Korea dapat penjelasan seputar Suara Surabaya Media
Foto : Triono suarasurabaya.net
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 2
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.