KAMPOENG MEDIA

Memahami Lebih Dekat Penataan Sistem Drainase Kota Surabaya

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 07 Maret 2017 | 20:38 WIB
Erna Purnawati Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya saat menunjukkan Riol di Jalan Kencanasari Surabaya kepada kru Suara Surabaya Media, Selasa (7/3/2017). Foto: Ika suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sebanyak 20 kru Suara Surabaya Media melakukan kunjungan profesional ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Selasa (7/3/2017).

Rombongan yang berasal dari Divisi On Air Radio Suara Surabaya, New Media Suara Surabaya, Teknik Suara Surabaya, She Radio dan Surabaya City Guide ini diterima Erna Purnawati Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya di ruang rapat Boezem Morokrembangan di komplek Balai Kota Surabaya.

Erna memaparkan berbagai kendala, pencapaian dan tugas para petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya. Di antaranya pembersihan sungai-sungai dan pembangunan saluran air di Kota Surabaya.

Dia menjelaskan konsep pembangunan box culvert di Banyu Urip yang mengubah desain saluran irigasi yang ketinggian airnya lebih tinggi dari jalan raya, menjadi "sungai baru" yang dibangun dari susunan tiga box culvert berjajar dengan total lebar 12 meter dengan kedalaman lima meter.

Selain itu dia juga menjelaskan fungsi rongga bertutup besi di pinggiran jalan raya yang diperuntukkan menampung pasir. Rongga itu juga terhubung langsung dengan box culvert sedalam dua meter dan selebar empat meter di bawah pedestrian jalan.

"Semoga penjelasan saya bisa membantu teman-teman di Suara Surabaya menjawab berbagai pertanyaan dari mayarakat. Juga bisa tahu seluk-beluk Dinas PU tanpa harus mengundang narasumber," katanya.

Erna Purnawati beserta jajarannya lantas mengantar rombongan menuju Rumah Pompa Bozem Morokrembangan. Di rumah pompa yang terletak di dalam komplek Angkatan Laut ini, rombongan dapat melihat secara langsung proses pengaturan air, penyaringan air dan pemilahan sampah sebelum air dialirkan ke laut lepas.

Erna juga mengajak rombongan meninjau Riol di Jalan Kencanasari Surabaya. Riol adalah saluran air sedalam lima meter yang memiliki tangga di salah satu dindingnya untuk mempermudah petugas masuk ke dalam. Saluran air ini mengadopsi desain saluran air peninggalan Belanda yang ada di Jalan Dinoyo Surabaya.

Teks Foto:
1. Pemaparan sistem drainase Kota Surabaya di ruang rapat Boezem Morokrembangan di komplek Balai Kota Surabaya;
2. Erna Purnawati Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya;
3. Kru Suara Surabaya Media saat memasuki bus yang akan membawa ke Rumah Pompa Bozem Morokrembangan;
4. Kru Suara Surabaya Media saat di Rumah Pompa Bozem Morokrembangan
Foto: Ika dan Gana suarasurabaya.net
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Kecelakaan Tunggal Mobil di A....
Ida Bagus Putu Andray‎