KAMPOENG MEDIA

Mahasiswa PR UKSW Salatiga, Belajar Media di Suara Surabaya

Laporan Pratino Aditya Tama | Rabu, 11 April 2018 | 14:01 WIB
Mahasiswa jurusan Public Relation, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga melakukan kunjungan media ke Suara Surabaya Media, Rabu (11/4/2018). Foto: Ino suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Mahasiswa Public Relation (PR), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga melakukan kunjungan media ke Radio Suara Surabaya, Rabu (11/4/2018). Kunjungan tersebut diikuti 38 mahasiswa prodi Public Relation UKSW angkatan 2014-2016.

Gamaliel Gumilar Kusuma Ketua Panitia Kunjungan Media mengatakan, kegiatan ini mereka lakukan rutin setiap tahunnya.

"Tujuan kami dalam kunjungan kali ini ingin mengaplikasikan ilmu yang kami dapat selama di bangku kuliah bisa diaplikasikan dalam sebuah perusahaan media, dengan melihat langsung bagaimana proses kerja di Radio Suara Surabaya secara langsung," ujar Gamaliel.


Kiri ke kanan, Melinda Kurniasandy, Trivosa Pah, Gamaliel Gumilar Kusuma Ketua Panitia Kunjungan Media. Foto: Ino suarasurabaya.net

Pada agenda pertama dalam kunjungan tersebut, mereka terlihat antusias ketika diberikan materi seputar Suara Surabaya Media oleh Eddy Prastyo Manajer New Media. Selanjutnya Iman Dwi Hartanto Manajer News dan On Air Suara Surabaya memberikan materi seputar announcing dan track record Radio Suara Surabaya selama ini.

"Kenapa kami memilih Suara Surabaya sebagai tujuan kunjungan kami, karena kami sudah mengetahui bahwa Radio Suara Surabaya berdirinya sudah sangat lama dan masih eksis sampai sekarang. Selain itu SS juga dipercaya oleh banyak masyarakat, dan cara Suara Surabaya tetap eksis di tengah media radio sudah banyak yang berhenti, menurut kami itu keren," jelas Melinda Kurniasandy mahasiswi jurusan Public Relation UKSW menyampaikan alasan mereka memilih Suara Surabaya sebagai media pilihan mereka.

Setelah cukup pada pemberian materi, agenda mereka berlanjut menuju ruang on air Radio Suara Surabaya. Mahasiswa terlihat serius mengamati proses mengudara Radio Suara Surabaya. Ketika di ruang gate keeper mereka sempat disapa untuk mengudara dalam jeda beberapa waktu, guna memberitahukan kegiatan mereka yang berlangsung kepada para pendengar Radio Suara Surabaya.


Para mahasiswa mengamati ruang On Air dan menyapa para pendengar SS. Foto: Ino suarasurabaya.net

Beranjak dari ruang On Air, mereka beramai-ramai mengunjungi ruang suarasurabaya.net. Difasilitasi Iping Supingah Supervisor New Media, mereka aktif bertanya seputar bagaimana pengelolaan dan proses produksi di website.


Para mahasiswa saat mendapat penjelasan di ruangan produksi New Media. Foto: Ino suarasurabaya.net

"Kesan kami, awal datang karena parkir di jalan bawah dan harus berjalan naik dan masuk perkampungan, kami masih belum bisa mengira kondisinya seperti apa. Ternyata setelah masuk dan mendapatkan ilmu banyak di sini. Kami bisa mengerti dunia radio itu seperti apa, ilmu yang diberikan lengkap, tidak hanya soal teori. Melainkan langsung pada implementasi seperti apa. Jadi kita bisa benar-benar mengerti realitas media seperti apa perjuangannya," tutur Trivosa Pah mahasiswi jurusan Public Relation UKSW menyampaikan impresinya dengan antusias.

Setelah dari Suara Surabaya, selanjutnya mereka akan melanjutkan satu kunjungan lagi ke salah satu media swasta di Surabaya dan kemudian menuju Batu, Malang untuk bertamasya sejenak sebelum kembali ke Salatiga. (ino/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.