KAMPOENG MEDIA

Konjen Jepang Jajaki Jalin Kerjasama dengan Suara Surabaya

Laporan Agustina Suminar | Senin, 30 Juli 2018 | 17:50 WIB
Keigo Kashiwabara (kanan) selaku Vice Consul Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, menjalin kerjama dengan Suara Surabaya yang diterima langsung oleh Errol Jonathans Direktur Suara Surabaya Media, di Kantor Suara Surabaya, Senin (30/7/2018). Foto: Suara Surabaya Media
suarasurabaya.net - Tahun ini, hubungan Jepang dan Indonesia telah memasuki 60 tahun diplomasi. Dengan begitu, banyak agenda dan event yang telah dan akan diadakan oleh Konjen Jepang, khususnya di Surabaya.

Hal itu disampaikan oleh Keigo Kashiwabara Vice Consul Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya waktu berkunjung ke Radio Suara Surabaya, Senin (30/7/2018).

Kedatangannya yang bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan Suara Surabaya Media, diterima langsung oleh Errol Jonathans Direktur Suara Surabaya Media. Menurutnya, ini selaras dengan program kerjanya di Konjen Jepang yang menaungi bidang informasi, kebudayaan, dan pendidikan.


Keigo Kashiwabara (tengah) Vice Consul Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya saat mengunjungi Radio Suara Surabaya. Foto: Iman Suara Surabaya

"Kebetulan hari ini saya melakukan kunjungan kehormatan dengan Pak Errol untuk memperkenalkan diri, dan meminta supaya kita bisa kerjasama lebih lanjut dengan SS," kata Keigo menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar.

Menyambut 60 tahun hubungan diplomasi antara Jepang dan Indonesia, Keigo menjelaskan bahwa beragam acara akan diadakan di seluruh Indonesia, termasuk Surabaya.

Sebelumnya, Konjen Jepang bersama Pemerintah Kota Surabaya mengadakan festival pertukaran budaya yakni Festival Yosakoi. Diharapkan dengan menjalin kerjasama dengan Suara Surabaya, Konjen Jepang lebih dapat menyebarluaskan berbagai event kebudayaan kepada warga Surabaya.

Tidak hanya kebudayaan, lanjut Keigo, Konjen Jepang juga memfasilitasi beragam informasi pendidikan hingga pertukaran pelajar. Ini mengingat antara Jepang dan Surabaya memiliki hubungan dalam hal sister city.

"Antara Jepang dan Indonesia ada hubungan sister city juga, kalau fokus ke Jawa Timur, itu ada tiga, salah satunya Surabaya-Kochi, bentuk kerjasama sister city Surabaya-Jepang, juga ada Jatim-Osaka pertukaran siswa Jatim-Osaka, jadi berkunjung ke satu sama lain," ujarnya.

Bahkan tidak jarang, pihak Konjen Jepang mengadakan konsultasi pendidikan dengan mengundang alumni Indonesia yang menempuh pendidikan di Jepang. Acara ini diadakan Selasa (31/7/2018) besok di Kantor Konjen Jepang di Jalan Sumatera nomor 93, Surabaya. Di sana masyarakat Surabaya dapat berkonsultasi langsung mengenai pendidikan, dari beasiswa hingga studi perguruan tinggi di Jepang.(tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.