KAMPOENG MEDIA

Band Jerman Ini Menyapa Masyarakat Surabaya dengan Jazz Mainstream

Laporan Denza Perdana | Rabu, 08 Agustus 2018 | 22:52 WIB
Fossile3 Band asal Jerman yang akan tampil pertama kalinya di Indonsia di Artotel Surabaya. Sebelum konser pertamanya di Indonesia, mereka berkesempatan tampil di Radio Suara Surabaya. Foto: Purnomo suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Fossile3, band jazz trio asal Jerman mencoba berkomunikasi dengan masyarakat Surabaya melalui musiknya dalam Program Jazz Traffic Radio Suara Surabaya (SS), Kamis (8/8/2018) malam.

Penampilan mereka di Studio Siaran Radio SS adalah pertama kalinya untuk publik di Indonesia. Mereka memainkan sejumlah komposisi khusus untuk pendengar Radio Suara Surabaya.

Fossile3 dikenal sebagai band jazz beraliran mainstream sejati. Mereka terdiri dari Sebastian Gramms pada Kontrabass, Rudi Mahall pada Bassklarinette, dan Etienne Nillesen pada Drum.

Saat memainkan alat musiknya, ketiga musisi ini seperti orang yang sedang berupaya berbincang dengan lawan bicaranya. Baik antar pemain, terutama dengan pendengarnya.

Musik yang mereka mainkan terdengar seperti orang yang sedang menceritakan sesuatu. Ada intonasi, tinggi rendah suara, dan cepat lambatnya kata-kata yang mengalir.

Fossile3 terbentuk pada 2008 lalu. Sebastian Gramms, pemain kontrabass di band ini mengatakan, mereka terbentuk secara alami berdasarkan kesamaan selera musik.

Ketiga personel Fossile3 ini memang sama-sama memiliki jam terbang dan pengalaman dalam bermusik. Sebastian sendiri aktif sebagai komposer jazz kontemporer.

Sementara Rudi Mahall banyak terlibat dalam proyek musik dan tergabung dalam beberapa grup musik jazz di Jerman. Di Jerman dia dikenal sebagai salah satu musisi jazz modern.

Sedangkan Etienne Nillesen justru sudah banyak bermain di beberapa negara di Eropa, Amerika, Asia, dan Afrika. Etienne lebih suka berimprovisasi dalam permainan drumnya, memanfaatkan berbagai benda seperti stik, mainan, dan lonceng.

Setelah berupaya menyapa warga Surabaya melalui dari Studio Siaran SS, besok, Kamis (9/8/2018) malam pukul 20.00 WIB Fossile3 akan tampil dalam konser jazz di Artotel.

Konser ini adalah hasil kerja sama Goethe-Institut Indonesia dengan Wisma Jerman dalam hal pertukaran budaya Jerman dengan Indonesia. Konser ini akan digelar secara gratis.

Setelah konser di Surabaya, Fossile3 akan tampil di Ubud Village Jazz Festival, Bali, pada 10 Agustus 2018. Mereka akan berkomunikasi dengan penikmat music jazz di acara tahunan itu.(den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.