KAMPOENG MEDIA

Ratusan Mahasiswa UPN Kunjungi SS untuk Belajar Jurnalistik Radio

Laporan Iping Supingah | Kamis, 29 November 2018 | 13:31 WIB
Adit Jufriansyah salah satu penyiar Radio Suara Surabaya (kanan) sedang memberikan penjelasan mengenai sistem kerja dan penyiaran. Foto: Dimas suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kampoeng Media Suara Surabaya mendapat kunjungan dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur.

Kunjungan mahasiswa UPN Jawa Timur ini dua hari berturut-turut, yakni Rabu (28/11/2018) dan Kamis (29/11/2018).

Sekitar 200 mahasiswa dibagi dalam 4 gelombang ditemani Tim Promosi Suara Surabaya Media diajak berkeliling berbagai ruang kerja dan studio SS untuk mengetahui bagaimana berita di Radio Suara Surabaya (SS) diolah dan siarkan.

Nufur Disadiat salah satu peserta kunjungan mengaku terkesan dengan proses kerja di media Suara Surabaya.

"Menurut kami Radio SS itu radio yang sudah mapan, kredibel, sudah lama juga, jadi tepat sebagai wadah kita belajar mengenai jurnalistik," ungkapnya, Kamis (29/11/2018).

Mahasiswa semester 5 ini juga mengaku terkesan dengan penyampaian para penyiar dan pemateri yang ditemuinya. Kata Nufur, melalui kunjungan ini, dia merasa tercerahkan dan merasa lebih jelas tentang teknis kerja di radio.

"Kita melihat secara langsung bagaimana proses mengolah berita, bagaimana menulis berita, sampai menyiarkan berita. Di sini juga staf-stafnya energik dan komunikatif. Jadi saya juga belajar bagaimana berkomunikasi yang menyenangkan," tambahnya


Mahasiswa sedang mendapat penjelasan mengenai pembagian ruangan kerja yang ada di Suara Surabaya

Sementara itu Rosiana Febriana Dosen mata kuliah Komunikasi Massa UPN mengatakan kunjungan ini bertujuan mengajak mahasiswa mensinkronkan antara teori yang mahasiswa dapat di kampus, dan praktik di lapangan (kerja media).

"Menurut saya SS ini media yang bisa hidup dalam waktu yang lama karena mampu menyuplai informasi edukatif dan informatif, jadi saya rasa media ini cocok untuk merefleksikan pengetahuan yang diterima mahasiswa di kampus," jelasnya.

Dia juga berharap ke depannya Radio Suara Surabaya tetap menjadi radio ter-update dan terpercaya. Karena selama ini, kata Rosi, dirinya juga merupakan salah satu pendengar SS.

"Semoga independensi dan kredibilitasnya tetap terjaga. Jadi kami terus bisa belajar banyak dari SS," ungkap Rosi. (dim/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.