suarasurabaya.net

Lumajang Kekurangan 1.600 Guru SD
Laporan Sentral FM Lumajang | Sabtu, 15 Oktober 2016 | 21:38 WIB

suarasurabaya.net| Jumlah guru di Lumajang masih kurang, terutama yang ditugaskan untuk mengajar di Sekolah Dasar (SD). Nurwakhid Aliyusro Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Sabtu (15/10/2016) mengatakan bahwa kekurangan tenaga pendidik per Juni lalu, khususnya untuk guru SD mencapai 1.600 orang.

"Ini secara hitung-hitungan normatif. Belum lagi, ditambah dengan kondisi menghadapi para tenaga pendidik yang pensiun. Pada 2018-2019 mendatang, guru yang memasuki masa pensiun mencapai 500 orang lebih. Karena mereka diangkat pada saat Inpres (Instruksi Presiden) Tahun 1976 lalu," katanya.

Kondisi ini menambah jumlah kekurangan guru yang bertugas mengajar di SD saja. Belum untuk jenjang pendidikan di atasnya, yakni SMP dan SMA.

Masih menurutnya, juga ada masalah lain yang turut menjadi perhatian. ôKita dihadapkan dengan beberapa permasalahan, termasuk implementasi Permendiknas (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) 74 tentang standar bagi guru yang bersertifikasi. Dimana untuk guru SD harus mengampu 20 anak didik. Namun rata-rata di Lumajang hanya 13 orang," kata dia. (her/fik)

top