KELANA KOTA
Rayakan Ulang Tahun ke 60

Marlupi Dance Academy Gelar Pentas Tari Balet Kolaborasi Lima Negara

Laporan Tito Adam Primadani | Jumat, 17 Juni 2016 | 19:12 WIB
Penampilan balet dari delegasi Amerika yang akan tampil dalam rangkaian acara ulang tahun Marlupi Dance Academy ke 60. Foto : Tito Adam suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kota Surabaya akan dimeriahkan pentas tari balet yang berkolaborasi dengan lima negara asing selama dua hari mulai Sabtu (18/6/2016) besok.

Acara yang digelar rangka ulang tahun Marlupi Dance Academy ke 60 tahun, juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari tarian klasik, tarian balet modern serta tarian rakyat dari negara delegasi yang akan tampil.

"Sempat mengalami kendala sewa gedung, akhirnya setelah setahun saya mempersiapkan acara ini bisa terlaksana," kata Marlupi Sijangga Founder of Marlupi Dance Academy

Nantinya, pada hari Minggu (19/6/2016) akan ditampilkan tarian balet bertema Si Kabayan yang diikuti oleh penari balet yang berjumlah sekitar 75 orang. Dalam tarian balet tersebut, bercerita tentang Kabayan tokoh cerita rakyat Sunda yang akan melamar gadis pujaannya. Namun, dia tidak mempunyai cukup uang. Orang tua Kabayan pun memberitahukan bahwa keluarga Kabayan mempunyai harta karun yang ditinggalkan oleh kakeknya.

Dalam pencariannya, Kabayan harus berkeliling Indonesia untuk menemukan harta tersebut. Di adegan inilah, tarian balet yang bernuansa tari daerah akan tampil memeriahkan suasana. Hingga akhirnya Kabayan menemukan harta karun dan menikah dengan gadis pujaan hatinya.

Akan tampil pula perwakilan delegasi dari Amerika, Peru, Mexico, Polandia serta Jerman. Masing-masing penampilan tersebut, akan berisi tarian balet yang menjadi ciri khas negara itu. "Saya berharap melalui acara ini bersama rekan wartawan, tarian balet di Indonesia bisa maju," ujar Marlupi Sijangga.

Pertunjukkan balet Si Kabayan yang rencananya ditampilkan Minggu (19/6/2016), sempat dipamerkan ditampilkan di hadapan wartawan pada Jumat (17/6/2016) sore.

Marlupi menjelaskan, penari balet yang bakal tampil ini umurnya berkisar 10 sampai 25 tahun yang tergabung dalam sanggar tari baletnya.

Marlupi juga mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara asing. "Kita patut berbangga diri karena tarian Indonesia berbeda dan mendapatkan apresiasi tinggi," ujarnya.

Selanjutnya, acara pertukaran budaya ini akan berlangsung di Miami, Florida tahun depan.(tit)

Teks Foto :
1. Penampilan cerita Si Kabayan yang mencampur tarian balet dengan tarian daerah Indonesia
2. Salah satu penampil dari delegasi asing yang akan tampil Minggu (19/6/2016) mendatang.
Foto: Tito Adam suarasurabaya.net
Editor: Iping Supingah



suarasurabaya.net