RSSFacebookTwitterHandphone    Sabtu, 19 April 2014 | 22:15 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
REFERENSI KESEHATAN 
10 Januari 2012, 10:06:51

Oase Kesehatan di Tengah Kota

Rumah Sakit Darmo



suarasurabaya.net - Bila mengunjungi RS Darmo, masihkah Anda merasakan keteduhan, kesejukan, keindahan, kenyamanan, dan timbulnya trust baru atas semua kelengkapan itu? Tentu tak mengherankan bila Anda merasakan semua itu karena RS Darmo hingga usianya ke-91, tepat pada 15 Januari 2012, masih tetap pada kondisinya yang mengagumkan. Bangunan arsitektur heritagenya tetap terjaga, taman dengan tetumbuhan hijaunya tetap asri dan menyejukkan.

Tak heran pula bila pada April 2010 lalu, rumah sakit yang dibangun pada 1919 ini menjadi salah satu wakil Indonesia dari Jawa Timur ke seleksi internasional dalam ajang 2010 Unesco Asia Pasific Heritage Awards for Cultural Heritage Conservation di Bangkok, disamping 2 wakil lainnya; Gereja Katholik Kelahiran Santa Perawan Maria Kepanjen dan Hotel Majapahit Tunjungan.

"Mempertahankan rumah sakit sebagai cagar budaya memerlukan improvisasi untuk terus menjaga tingkat hunian dan menembus pasar internasional," tandas Direktur RS Darmo Laksma TNI (Purn) Imam Soewono, dr., SpPD.

Tak hanya bangunan arsitektur yang membanggakan, RS Darmo juga terus berupaya meningkatkan profesionalisme demi memuaskan pelanggannya. Sejak 2009 lalu dilakukan penandatanganan kerjasama dengan FK Unair, RSUD Dr. Soetomo dan beberapa pihak lainnya, terutama untuk ketersediaan dokter-dokter spesialis.

Unggulan
Sebagai rumah sakit pilihan para pejabat ini pun makin mantap dalam menjaga kualitas dan pelayanan kepada masyarakat. Tahun ini, RS Darmo mengembangkan berbagai layanan unggulan, terutama untuk operasi penanganan masalah ginjal (Kidney Center), Endoscopy dan Radiotherapy.

Beberapa layanan untuk bidang nephrology dan urology, bisa ditemukan di RS Darmo. Sedang untuk keperluan cuci darah (hemodialisis), RS Darmo akan melengkapinya menjadi 15 alat dari 7 mesin yang ada sekarang.

Untuk tindakan bedah urology pun, RS Darmo bisa menjadi rujukan utama sebab memiliki dokter ahli dan peralatan lengkap seperti tindakan PNL, ESWL (Extra-corporeal Shock Wave Lithotripsy) dan GLL (Green Light Laser). Teknologi GLL untuk menangani pembesaran prostat ini bisa ditemukan di RS Darmo.

Sementara untuk tindakan endoscopy, RS Darmo bisa memberikan pelayanan berupa Arthroscopy (persendian), Laparoscopy Endoscopy untuk penanganan berbagai kasus secara minimal invasif. Bahkan dengan teknologi ERCP(Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography) yang menggunakan alat dengan cara melewati mulut hingga mencapai titik penyakit yang hendak dilakukan penanganan.

Teknologi ERCP ini pun masih sangat terbatas di Surabaya. Penanganan bedah menggunakan teknologi ini bisa ditangani oleh RS Darmo dengan dukungan dokter spesialis yang sudah mumpuni dan team work yang terbangun rapi. Dengan kelengkapan itu, RS Darmo telah melaksanakan akreditasi 16 pelayanan.

Live Music untuk Penyembuhan
Ada mitos, musik mampu memberi kekuatan penyembuhan. Mitologi Yunani Kuno, misalnya, Apollo dianggap sebagai dewa musik sekaligus dewa kesehatan. Musik, bagi masyarakat Yunani kuno, memiliki kekuatan khusus yang mampu melampaui pikiran, emosi dan kesehatan fisik. Aristoteles menghargai musik sebagai katarsis emosi. Plato menyebut musik sebagai obat jiwa.

Dokter Imam Soewono, Direktur RS Darmo, mengungkapkan di jaman renaisanse, seiring kemajuan di bidang kedokteran, musik tidak hanya dipakai sebagai obat kemurungan jiwa, keputusasaan dan gangguan jiwa, tetapi juga untuk tindakan preventif.

"Musik stimulatif cenderung meningkatkan energi tubuh, detak jantung dan tekanan darah. Sementara musik sedative atau musik relaksasi berefek sebaliknya dan secara umum membuat tenang seseorang," terangnya. Karena itu, tambahnya, amatlah tepat bila musik yang stabil, indah dan membuat pendengar menjadi rileks berupa musik yang dilantunkan melalui irama gamelan Bali dan musik keroncong/langgam Jawa.

Kekuatan musik semacam itu yang coba dihadirkan di RS Darmo. Tak heran bila tiap Rabu dan Minggu sore terdengar alunan musik yang dipusatkan di panggung Gazebo di tengah taman yang asri nan cantik. Suasana musikal di rumah sakit ini telah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

Menurut penuturan dokter Imam Soewono, Direktur RS Darmo, beberapa pasien mengungkapkan langsung kepadanya tentang kedahsyatan musik bagi diri mereka.

Pasien Hj Aisyah Hamid, misalnya, yang terbaring di kamar perawatan, tiba-tiba terhenyak bangun dan membuka kelopak matanya karena larut oleh irama dan syair lagu Dinda Bestari yang dibawakan Dandy's Group. Tak terasa hatinya amat tersentuh dan tiba-tiba saja sesak nafas yang dideritanya sejak beberapa hari sebelumnya, berubah menjadi lebih ringan dan nyaman.

Suasana musikal seperti itu ternyata banyak disukai. Empat pasien tamu dari negara baru Timor Leste, misalnya, malah suka duduk dan berkumpul di sekitar panggung. Mereka bahkan request lagu yang digandrunginya, seperti Maria Elena, Besame Mucho, lambada, dan sebagainya. Tamu itu antara lain; Bento Tilman, Magno Bonifacio dan Joao Da Costa, serta Ana Maria Soares.

Sejak beberapa tahun lalu, RS Darmo telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Timor Leste, khususnya RS National Guido Valadares untuk penanganan penyakit tertentu yang tidak dapat ditangani di Timor Leste.

1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved FAQ Kontak