RSSFacebookTwitterHandphone    Kamis, 24 April 2014 | 15:23 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
REFERENSI KESEHATAN 
03 Mei 2011, 11:09:35

WORLD CLASS UROLOGY SERVICE DI RS DARMO

Rumah Sakit Darmo



suarasurabaya.net - Rumah Sakit Darmo adalah rumah sakit di Surabaya (baca Indonesia) yang sejak tahun 1985 mempunyai komitmen memberikan pelayanan terutama untuk masalah-masalah kesehatan ginjal dan prostat. Dalam ilmu kedokteran biasa disebut sebagai Pusat UROLOGI dan NEFROLOGI. Urologi berarti ilmu yang menangani semua organ tubuh manusia yang berhubungan dengan saluran kencing yang dimulai di ginjal. Ginjal yang terdiri dari jaringan (atau daging) yang berisi ‘ lter’ canggih untuk menyaring darah, juga di mana dimulainya saluran kencing dalam ginjal, disebut sebagai system pielo-kaliseal sampai ureter (saluran antara ginjal dan kandung kencing) ditambah dengan system reproduksi pria, yang dimulai dari testis atau buah zakar dan mengalirkan sperma atau air mani dari testis sampai ke saluran kencing. Sedangkan nefrologi berarti ilmu yang menangani fungsi ginjal, sampai tekanan darah, karena di dalam ginjal terdapat alat-alat canggih yang ikut mengatur tekanan darah.

Penanganan masalah urologi, dimulai sejak dari kamar terima instalasi gawat darurat (IGD), laboratorium klinis, bagian radiologi atau ‘ronsen’, kamar perawatan dan kamar operasi semuanya disiapkan melayani pasien dengan masalah ginjal, ditambah dengan unit hemodialysis atau cuci darah untuk pasien dengan gagal ginjal.

Di bawah ini adalah pedoman bagi para pengidap batu ginjal dan prostat di Surabaya.

BATU GINJAL ATAU BATU URETER NYERI KOLIK PINGGANG
Biasanya dari pinggang menjalar ke depan sampai perut bagian bawah atau kemaluan, dapat disertai dengan nyeri waktu kencing atau ‘anyang-anyangen’. Nyeri biasanya datang mendadak dan pasien akan mencari posisi berubahubah untuk mengurangi sakit.
SARAN:
1) Bila nyeri tak tertahankan dan tidak hilang dengan obat anti sakit (parasetamol adalah obat paling aman buat ginjal, sedangkan ‘ponstan’ atau asam mefenamat sangat tidak baik untuk ginjal), segera ke IGD RS Darmo (buka 24 jam). 2) Di IGD RS Darmo, dokter jaga akan memeriksa : menanyakan riwayat sakit, periksa fisik, bila perlu periksa urin, darah, foto maupun USG (ultrasonografi ). Segera akan diberikan obat penawar sakit, biasanya suppositoria/seperti pelor (dimasukkan dubur), atau suntikan intravena (langsung dimasukkan dalam pembuluh darah di lengan). 3) Dokter jaga, kalau perlu dengan konsultasi dengan dokter spesialis urologi akan menentukan apakah pasien boleh berobat jalan atau rawat inap. 4) Bila diperbolehkan pulang (obat jalan) biasanya dokter akan memberikan obat untuk jaga-jaga bila nyeri kambuh kembali di rumah. 5) Jangan lupa tanya kapan harus datang kontrol lagi dan ke mana.

Episode nyeri kolik bisa berulang. Tips sementara masih akan dilakukan pemeriksaan lainnya (USG, foto, laboratorium, dll.), maka pasien dianjurkan untuk:

1) Minum air 3 liter perhari. 2) Olahraga (jogging, bulutangkis, tennis, dll.) pada waktu tidak kolik. 3) Hindari makanan asam urat : sea food (udang kepiting, cumi-cumi, kerang, ikan yg diawetkan dlm kaleng, dll), burung dara, bebek, semua kacang, emping, melinjo, jeroan, tape dan durian. 4) Kalau nyeri kolik diserta I panas badan atau menggigil seperti malaria: segera kembali ke IGD, karena berarti ada infeksi dari saluran kencing yang kumannya masuk dan berkembang biak didalam darah. Keadaan ini bisa berbahaya/fatal. 5) Bila tak terjadi serangan kolik lagi, bukan berarti pasti tak ada batu lagi, meskipun tak ada serangan kolik, TETAP harus kontrol ke dokter.

PEMERIKSAAN SELANJUTNYA
Selain itu fasilitas pemeriksaan laboratorium (darah dan kencing), pemeriksaan radiologi (foto, ultrasonografi / USG, CT scan) tersedia selama 24 jam untuk pasien IGD maupun rawat inap.

Dengan mengetahui besar serta letak batu, maka dokter IGD (dan kalau perlu dokter spesialis urologi) akan dengan sigap menolong secara tuntas. Bila dianggap perlu dan memenuhi persyaratan maka tindakan emergensi atau urgen bisa segera dilakukan beberapa jam kemudian, misalnya ESWL, URS, PCNL, dll.

Dokter spesialis urologi di RS Darmo siap memberikan MINIMALLY INVASIVE TREATMENT dengan fasilitas yang lengkap:

a) ESWL (Extracorporeal Shockwave Lithotripsy) yaitu memecah batu ginjal dengan gelombang kejut, tanpa pembiusan, tanpa dimasuki alat. b) URS (Ureterorenoscopy) yaitu memecah batu di dalam saluran ureter (saluran antara ginjal dan kandung kencing) tanpa pembedahan secara rawat jalan. c) PNL/PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy) yaitu pembedahan “keyhole” (lubang kunci) memecah dan menyedot batu ginjal dengan pipa kecil. Biasanya untuk batu yang lebih besar dari 1 cm dan dalam waktu singkat pasien bebas batu (“stone free”).

PROSTAT
BPH atau pembesaran prostat jinak dianggap sebagai bagian dari proses pertambahan usia, seperti halnya rambut yang menjadi putih. Oleh karena itu, meningkatnya usia harapan hidup meningkat pula angka kejadian BPH. Prevalensi atau angka kejadian BPH yang memberikan keluhan (simptomatik/bergejala) pada pria umur 40-49 tahun mencapai hampir 15%. Angka ini meningkat dengan bertambahnya usia, sehingga pada usia 50-59 tahun prevalensinya mencapai hampir 25%, usia 60 tahun 43% dan hingga 90% pada pria di atas 80 tahun.

KELUHAN KENCING
Bila berumur di atas 50 tahun (kadang di atas 40 tahun), ada kelainan atau keluhan dalam kencing: sering kencing, pancaran lemah, sulit memulai kencing, kencing terputusputus, tidak tuntas, dan lain lain; waspadalah apakah ini disebabkan karena gangguan dari prostat.

Segera konsultasi dengan dokter Anda, bila dianggap perlu maka dokter keluarga Anda akan memberikan referensi untuk diperiksa dan dievaluasi oleh dokter spesialis urologi.

KESULITAN KENCING ATAU KENCING MACET
Segera ke IGD RS Darmo untuk diperiksa, apakah diperlukan pemeriksaan bahkan pertolongan segera. Kandung kencing yang penuh dirasakan sebagai perut yang kembung, terutama bagian bawah, kencing tak keluar sama sekali atau hanya menetes sedikit-sedikit.

Kalau kencing sama sekali tidak keluar dan tertahandalam kandung kencing, pasien biasanya merasa nyeri hebat. Tetapi pada orang tua atau dengan Diabetes, bisa tak terasa nyeri meskipun kandung kencing penuh! Dalam hal ragu-ragu, sebaiknya memeriksakan ke dokter atau ke IRD RS Darmo. Dokter-dokter di IRD RS Darmo akan dengan sigap menolong pasien prostat, dan apabila diperlukan, bila kandung kencing penuh, perlu dipasang kateter. Bahkan, bila diperlukan dokter IRD akan segera menghubungi spesialis urologi untuk advis. Bila diperlukan, konsultasi yang intensif dengan spesialis urologi tersedia di praktek Poli Spesialis RS Darmo. Sistem appointment membuat konsultasi lebih terencana dan nyaman. Tetapi bila perlu segera konsultasi dengan spesialis urologi, petugas di IRD maupun Poli Spesialis dapat membantu untuk kasuskasus yang memerlukan pertolongan segera atau dari luar kota maupun luar pulau.

Apabila pengobatan dengan obat-obatan sudah tidak menolong keluhan prostat, dokter akan menyarankan tindakan minimal invasive, yaitu tindakan yang dulu harus dengan pembedahan membuka perut, tapi saat ini di RS Darmo dengan fasilitas yang canggih dapat menolong Anda tanpa membuka perut.

PROSEDUR TINDAKAN UNTUK PROSTAT DI RS DARMO
1) TURP (Transurethral Resection of the Prostate), yaitu melebarkan jalan kencing dalam prostat tanpa bedah terbuka. Dilakukan dengan alat endoskopi dan endokamera yang lengkap. 2) TUNA (Transurethral Needle Ablation), yaitu memanasi prostat dengan memakai enersi dari frekuensi tinggi, sehingga sebagian prostat mengkerut. 3) GLL (Greenlight Laser) – PVP Photoselective Vaporization of the Prostate, melebarkan jalan kencing dalam prostat dengan sinar LASER Hijau yang sangat aman dan canggih.

Untuk kanker prostat, dokter spesialis urologi dapat melakukan tindakan Radikal Prostatektomi, salah satunya secara laparoskopik (keyhole surgery); selain dengan memberikan terapi hormonal.

PELAYANAN UROLOGI YANG LENGKAP ADA DI RS DARMO
Kamar operasi poliklinis ada 4 buah, yang dapat melayani tindakan endoskopik maupun bedah minor, seperti cystoscopy flexible, transrectal prostate biopsy (TRUS), Urodinamika, sirkumsisi (sunat), No Scalpel Vasectomy (Vasektomi canggih tanpa pisau), dan lain lain.

Team dokter maupun paramedis yang terlatih memberikan jaminan pelayanan urologi yang tinggi, sehingga bisa dikatakan “WORLD CLASS UROLOGY SERVICE”.



1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright © 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved · FAQ · Kontak