ROAD TO GRAHADI
Visi Misi Calon Gubernur Jatim

Karsa Jilid II Masih Lanjutkan Jalin Kesra

Laporan Jose Asmanu | Senin, 12 Agustus 2013 | 18:01 WIB
suarasurabaya.net - Pasangan Soekarwo-Saifulah Yusuf masih akan melanjutkan pola pembangunan partisipatoris dengan konsep Jalin Kesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat) jika terpilih dalam periode kedua memimpin Jawa Timur.

Dalam penyampaian visi misi, dia memaparkan visi Jawa Timur lebih sejahtera, berakhlak, berkeadilan, dan mandiri dengan misi makin mandiri dan sejahtera bersama wong cilik.

Ada 12 langkah pembangunan yang dia janjikan bakal dilaksanakan jika dipercaya rakyat Jawa Timur nanti, diantaranya soal perluasan lapangan kerja, peningkatan akses pengembangan Usaha Kecil Menengah, dan penguatan ekonomi perempuan.

Soekarwo menegaskan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi haruslah diikuti dengan disparitas hasil pembangunan yang kecil. "Wijoyonomics dengan memperbesar pertumbuhan ekonomi kemudian meneteskan pertumbuhan itu ke bawah (trickle down effect) ternyata gagal, sehingga kami tebus pertumbuhan itu dengan langkah partisipatoris, yakni jalin kesra dan pengarusutamaan gender," katanya.

Dalam hubungannya dengan pemerintah pusat, kata Soekarwo, pihaknya akan mendesak pemerintah pusat untuk tidak lagi mengekspor bahan mentah agar industri bahan jadi Jawa Timur punya ruang gerak yang lebih lebar di pasar internasional. "Langkah ini sudah kami rintis dengan pendirian 24 perwakilan dagang di luar negeri. Ini yang membuat Jawa Timur surplus Rp62 triliun," kata Soekarwo.(edy)
Editor: Eddy Prastyo



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.