ROAD TO GRAHADI

Rembug Budaya, Puti Guntur Ceritakan Sosok Bung Karno

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 24 Februari 2018 | 15:45 WIB
Puti Guntur Soekarno Calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, menghadiri acara "Rembug Budaya" bersama sejumlah seniman se-Jawa Timur, di Hotel Ibis, Surabaya, Sabtu (24/2/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Puti Guntur Soekarno Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, menghadiri acara "Rembug Budaya" bersama sejumlah seniman se-Jawa Timur, di Hotel Ibis, Surabaya, Sabtu (24/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Puti menceritakan bagaimana sosok Bung Karno sebagai tokoh besar di Tanah Air, yang menurutnya sangat mencintai kesenian.

Selain sebagai tokoh proklamator, kata Puti, Bung Karno juga merupakan budayawan besar, yang tidak hanya membangun Indonesia secara fisik. Tetapi juga membangun karakter dan kebudayaan di dalam diri bangsa.

"Kalau berbicara kesenian, sejak kecil, saya dan sekeluarga sudah diajarkan untuk cinta kepada kesenian Indonesia. Keluarga besar Bung Karno diharuskan bisa menari salah satu tarian Indonesia," kata Puti.

Untuk itu, lanjut Puti, Jatim harus dibangun dengan satu pembangunan yang berkarakter lewat pembangunan berkebudayaan. Karena Jatim memiliki potensi kebudayaan yang multikultural, yang tentu berkolerasi untuk peningkatan pariwisata.

"Dalam konteks kebijakan, pemerintah harus punya political will untuk mendorong itu semua. Karena kalau tidak ada itu, baik untuk kebijakan sampai penganggaran, tidak akan bisa maju. Selain itu, industri kebudayaan juga harus punya komitmen bersama, tidak hanya pemerintah saja, tetapi juga masyarakat, bahkan sampai tingkat pendidikan. Misalnya diajarkan kearifan lokal, tari-tarian, dan lain sebagainya," pungkasnya. (ang/iss/bid)
Editor: Zumrotul Abidin



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.