ROAD TO GRAHADI

Kampanye di Pasar Kapasan, Khofifah Janjikan KUR ke Pedagang

Laporan Anggi Widya Permani | Selasa, 06 Maret 2018 | 17:14 WIB
Khofifah Indar Parawansa Calon Gubernur Jawa Timur di Pasar Kapasan Surabaya. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Khofifah Indar Parawansa Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, mengaku telah melakukan komunikasi dengan sejumlah bank BUMN, untuk memberikan kredit murah bagi para pedagang melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hal itu disampaikan Khofifah seusai melakukan blusukan ke pasar tradisional Kapasan, Selasa (6/3/2018). Selain itu, Khofifah juga memantau langsung kondisi infrastruktur dan kenyamanan pasar tradisional, bagaimana bisa menarik minat pembeli.

"Saya sudah mengkomunikasikan dengan bank-bank BUMN untuk bisa memasarkan KUR 7 persen pertahun," katanya.

Salah satu bentuk perlindungan kepada para pedagang pasar tradisional adalah dengan pinjaman lunak, bunga rendah, yang sebelumnya sudah ada, yakni KUR. Namun Khofifah melihat, hal itu belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pedagang.

"Mereka harus mendapatkan informasi, karena yang terdengar oleh mereka dan yang terlihat 7 persen itu dianggap perbulan, sangat tinggi. Padahal 7 persen itu pertahun," tegasnya.

Sehingga, kata Khofifah, ada gambaran bahwa akses permodalan untuk para pedagang, bisa didapatkan dengan murah. Bahkan Khofifah berharap, hal itu tidak hanya disiapkan oleh Bank BUMN, tetapi perbankan membuat agen yang dijalankan orang pasar sendiri.

"Bikin agen disini, di dalam pasar, yang dimiliki oleh orang pasar sendiri itu yang saya ingin mendapatkan satu proteksi. Jadi ketika kita ingin melindungi pasar tradisional ada banyak sisi yang mesti kita lakukan proteksi," pungkasnya. (ang/dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.