ROAD TO GRAHADI

Safari ke Ngawi dan Nganjuk, Emil Dardak Juga Ziarah ke Makam Kanjeng Jimat

Laporan Zumrotul Abidin | Minggu, 11 Maret 2018 | 19:21 WIB
Emil Dardak saat berziarah ke makam Kanjeng Jimat di Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (10/03/18). Foto: Istimewa.
suarasurabaya.net - Di tengah safari politik ke Kabupaten Ngawi, Emil Dardak Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur nomor urut satu menyempatkan diri berziarah ke makam Kanjeng Jimat di Jalan Masjid Al Mubarrok, Desa Kacangan, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (10/03/18).

Ziarah itu dilakukan dalam rangka sambung doa untuk mengenang sejarah para pejuang. Selain itu, juga menjadi bentuk penghormatan dan meneladani perjuangan para pendahulu. "Iya sambung doa untuk penghormatan sejarah para pejuang," kata Emil dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net.

Di tengah deretan makam para pejuang yang pernah menjabat sebagai bupati pertama Kabupaten Nganjuk, calon wakil gubernur pendamping Khofifah itu didampingi penjaga makam yang begitu khusyuk memanjatkan doa.

"Ziarah merupakan tradisi keluarganya yang hidup di kultur NU. Bukan hanya itu, ziarah bertujuan untuk silaturrahim mengenang keteladanan," tutur Ketua Sekber Lingkar Wilis ini.

Sutrisno Penjaga Makam mengatakan, Kiai Kanjeng Jimat merupakan sosok alim ulama yang sangat dihormati. Selain itu, almarhum juga sosok pejuang perjalanan sejarah keberadaan Kabupaten Berbek yang kini di sebut Kabupaten Nganjuk.

Karena perjuangannya pada masa menjabat bupati, dia dapat menyelesaikan bangunan yang bercorak hinduistis bernama Masjid Yoni Al-Mubarok. "Belau termasuk sosok orang sabar dalam berjuang, beliau juga sangat dihormati dan disegani. Serta termasuk cikal-bakal sejarah berdirinya Kabupaten Nganjuk" katanya.

Usai ziarah, Emil nimbrung ke rumah warga untuk menikmati Duren Kepel yang tidak jauh di sekitar area makam dengan di dampingi istrinya, Arumi Bachsin. Pasangan penyuka Duren terbut disambut sejumlah warga dan para santri setempat. Seperti biasa kedatangan mereka berdua jadi magnet tersendiri dan banyak permintaan untuk berswa foto. (bid/den)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.