SS home | SS greeting | SS terima kasih | SS anugerah| SS galeri | SS momen


SS tempodoeloe
PENYIAR MEMORABILIA
SS Menu
  • SS Sejarah
  • SS Khalayak
  • SS Event
  • Untung Ada SS

  • SS Jingle
  • SS - 30 Tahun
  • SSFM 100 - Country
  • SS-Anytime, Anywhere
  • SS Today
  • SSFM 100

  • SS galeri

    CANDA GUS IPUL WAGUB JATIM
    arsipSS galeri


    Kirim Ucapan HUT SS
    berita kehilangan
    telah hilang sebuah dompet warna coklat berisi
    uang Atm,Sim,Ktp diarea bioskop galaxi mall bagi
    yang menemukan harap mengembalikan surat2
    diatas bagi yang mengembalikan saya ucapkan
    trimaksh..
    Dari: meytha beiya, surabaya rungkut pindok chandra atau cemako lestari indonesia dinoyo 63 depan telkom
    richochristian@yahoo.com
    Met Milad!!
    Selamat Ultah SS!!! Semoga sukses selalu,
    dan semakin jaya di udara!!!
    Dari: Ottoman Sinabar, Surabaya
    ottoman_kerenman@yahoo.com
    HBD BUAT SSFM, YG EKSIS😈
    semoga panjang umur ini radio, biar bisa kasih
    informasi yg lebih😊
    Dari: xena, surabaya
    xenamaghfir@gmail.com
    Selamat Ulang Tahun
    Selamat Ulang Tahun
    Dari: Warga, Surabaya
    warga@surabaya.com
    hbd ss fm100
    selamat ulang tahun ss fm100__semakin menyatu dengan masyarakat__semakin membumi__semakin berani___sukses ss!!___[buka banned akun fb Q donk...reinhardhartono].
    Dari: ezhahartono, Lumajang
    ezhahartono@yahoo.com
    SELAMAT ULANG TAHUN RADIO SS
    Selamat Ulang Tahun Buat Radio Suara
    Surabaya, Semoga Menjadi Radio Kebanggaan
    Warga Jawa Timur & Selalu Jaya Di Udara.
    Dari: Primawan Tanuito H, Surabaya
    crumahku@yahoo.com
    happy birthday for Suara Surabaya...
    Selamat ulang tahun tuk Suara
    Surabaya...
    Semoga selalu menjadikan Radio News
    terdepan di kota metropolis Surabaya...
    Semoga dapat menuai kesuksesan yg tinggi
    & semoga menjadi Radio kebanggaan kita
    semua, warga Surabaya khususnya....

    Sukses selalu & keep working for crew
    Suara Surabaya....
    Dari: Angga Wahyu Pramudya, Surabaya
    anggawahyu.faradhira@gmail.com
    dirgahayu SS
    Selamat ulang tahun. Radio suara
    surabaya...semoga sukses selalu!!!
    Dari: rudy 54 , surabaya
    rudyvictory@yahoo.com
    Met Ultah 30
    SELAMAT ULANG TAHUN SS ke-30.
    salut sama SS.
    semoga tambah sukses n maju selalu.
    pendengarnya tambah banyak, juga bisa jadi
    pedoman dalam banyak hal.
    sekali lagi selamat buat seluruh komponen
    didalamnya.
    Dari: made oka, sidoarjo
    deka1402@yahoo.co.id
    dirgahayu
    happy anniversary...smg SS semakin jaya, dan tetap jd ikon surabaya
    Dari: ana, surabaya
    buffon_78@yahoo.com


    SS Khalayak

    25 Juni 2008, 19:30:31

    AHMAD JABIR:
    Hubungan dengan SS Lahir Batin
    suarasurabaya.net| “Saya merasa hubungan dengan SS ini lahir dan batin,” Itulah jawaban AHMAD JABIR, Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, ketika ditanya kesannya tentang Suara Surabaya.

    Ditemui suarasurabaya.net di sela-sela kunjungannya ke SS, sehari setelah ulang tahun radio ini, Kamis (12/06/2008), JABIR terlihat santai. Setelah berkesempatan mengudara untuk menyampaikan ucapan selamat sekaligus kesan tentang SS, giliran suarasurabaya.net untuk mewawancarai Sekretaris Fraksi Demokrat dan Keadilan ini.

    Sejak menjadi anggota DPRD, JABIR merasa sangat terbantu dengan keberadaan SS. “Tentunya kita tahu 45 orang dengan energi berbeda-beda untuk melihat fenomena atau kondisi Surabaya dari ujung ke pelosok ujung itu sulit,” ungkap JABIR.

    Ia mencontohkan ketika ada 265 sekolah yang rusak di Surabaya. Keseluruhannya tak mungkin bisa dipantau satu-persatu. Disinilah SS sangat membantu anggota dewan untuk memantau. Sebab, masyarakat berani menyampaikan apa adanya melalui SS. “Lain halnya ketika mereka berhadapan dengan kita di dewan atau walikota, hanya orang-orang tertentu saja yang berani ngomong apa adanya,” ujarnya.

    Dari suara-suara itulah, JABIR dan rekan-rekan di dewan bisa menangkap gambaran real masyarakat dan kemudian memberikan respon ketika tidak memiliki kecukupan waktu untuk mendengarkan masyarakat secara langsung.

    “Nah, disitulah saya melihat hubungan saya dengan SS secara batin itu luar biasa. Tidak jarang diatas jam 1 (dini hari, red) itu saya mendengarkan SS, karena ada komunitas tertentu yang juga harus suaranya kita dengar, tidak hanya siang saja,” papar JABIR.

    Menurutnya, masyarakat tergolong dalam beberapa tipe dalam beropini di SS. Sebagian dari mereka ada yang bersuara di siang hari, sore atau malam hari. “Sehingga semuanya perlu kita dengar,” tukasnya.

    JABIR menjadi pendengar aktif SS sejak 2001. Saat itu ia baru saja pindah ke Surabaya, setelah sebelumnya sampai 2000 menyelesaikan studi di Bandung. Tahun yang sama, JABIR diberi amanah menjadi Pembantu Dekan I Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Posisi ini membuatnya intens mendengarkan SS karena ia membutuhkan informasi yang cukup banyak. Itulah awal dia berinteraksi dengan SS.

    Tahun 2003, JABIR yang kala itu menjadi Ketua DPD PKS, semakin gencar mendengarkan SS. “Karena fungsi kita di partai menjadi jembatan antara suara masyarakat dengan kebijakan. Nah, karenanya kita bisa dekat dengan suara masyarakat,” tuturnya.

    “Kalau koran pakai narasumber, tapi kalau SS siapapun bisa ngomong,” ujarnya. Tidak hanya bagian dari gerakan feminis saja yang vokal tapi juga ibu-ibu rumah tangga pun diberi ruang untuk bicara. Itulah yang menurut JABIR, realita suara hati masyarakat.

    JABIR menyadari bahwa sebagai institusi swasta, SS tidak terkait secara horizontal maupun vertikal dengan istitusi Pemerintah. Karena itu, efektivitasnya sangat bergantung pada keaktifan instrumen birokrat mendengarkan SS. “Apakah anggota dewan dengan seluruh komponennya itu mendengarkan SS sehingga mampu merekam suara masyarakat, jadi sangat tergantung disitunya,” kata Ketua DPC PKS Surabaya ini. Diakui JABIR, di Komisi D, perbandingan antara anggota yang aktif dan kurang aktif mendengarkan SS adalah 50:50.

    Ketika para anggota dewan tidak proaktif mendengarkan SS, mereka juga tidak akan mendapatkan informasi dari masyarakat melalui SS. Jika dilihat dari database yang cukup bagus yang dimiliki SS, JABIR berharap bisa membuat link antara SS dan jaringan di dewan. Suara-suara yang ditampung di SS, berupa sms sekalipun sangat penting untuk anggota dewan.

    Meski dewan mempunyai website sendiri, tapi menurut pandangan JABIR fungsinya masih sangat minim dalam hal pencarian informasi. “Kalau ini bisa dikombinasikan dengan apa yang didapat oleh SS kemudian bisa kita akses melalui jaringan internet itu luar biasa. Artinya ketika kita tidak sempat mendengar, kita bisa mendownload apa yang sempat direkam oleh SS. Ini penting,” jelas JABIR.

    JABIR juga menyarankan agar data-data yang dimliki SS dimanfaatkan semaksimal mungkin dan bisa disampaikan kepada penyelenggara pemerintah baik Pemkot ataupun dewan.

    Peran yang dilakukan SS sejauh ini sebagai penampung dan penyalur aspirasi masyarakat sudah tepat. Namun, ketika masa ini berkembang, tentunya harus dilakukan modifikasi dan kodifikasi, sehingga bisa terus up to date seiring dengan waktu. Kalau sekarang ini masih banyak masyarakat yang menyampaikan ‘umpatan-umpatan’ karena banyaknya ketidakberesan yang terjadi di negeri ini, jangan sampai ketika kondisi sudah menjadi lebih baik, SS kehilangan perannya sebagai media penampung aspirasi.



    Sebagai anggota dewan sekaligus pendengar aktif SS, JABIR memantau terus suara-suara yang masuk ke SS. Sehingga dia dan anggota dewan yang lain bisa mengambil tindakan cepat Misalnya ada informasi sekolah roboh. “Rame-rame akhirnya kita bisa melakukan tindakan, menindaklanjuti. Kita koordinasi dengan dinas-dinas terkait dan seterusnya,” ungkapnya.

    Yang tidak kalah menarik adalah saat terjadi kasus salah tangkap yang dilakukan oleh Petugas Satpol PP beberapa waktu lalu. SS pun menyiarkannya dan mengundang Petugas Satpol PP untuk diminta penjelasan. Ternyata ini berdampak luas dan menghasilkan bermacam-macam respon. “Dan saya melihat respon ini sudah tidak kondusif ketika tidak ada penyikapan yang bijak karena pada saat itu nampak sekali pihak Satpol PP itu dipandang masyarakat arogan menghadapi kritikan-kritikan,” papar JABIR.

    JABIR pun merasa harus masuk untuk menyampaikan permohonan maaf lewat udara. Sebagai anggota dewan yang termasuk di dalam elemen penyelenggara pemerintah, JABIR berkepentingan untuk melakukan klarifikasi kepada Satpol PP sebagai bagian dari elemen pemerintah terkait dengan kasus tersebut. “Jadi ini sangat penting, realita keberadaan SS ini bagi kami sangat penting,” tegasnya.

    Dari sisi keakuratan, SS bisa diandalkan, sebab selalu ada feedback, dan pelurusan jika ada komplain. “Ketika ada berita yang salah, ada pihak yang melakukan koreksi, juga langsung dikoreksi. Saya pikir akurasi sudah cukup,” kata JABIR.

    Bagi JABIR, SS adalah suara masyarakat Surabaya. Ruangannya sangat banyak diberikan kepada masyarakat, dari hal yang halus sampai kasar sekalipun diakomodir oleh SS. Dan ini menambah uji akurasinya. Hal ini barangkali yang tidak dimiliki media lain karena ruang-ruang yang diperuntukkan ke masyarakat agak sedikit. (git/ipg)

    Teks Foto:
    1. AHMAD JABIR
    2. Akrab dengan kru SS
    Foto: IPING suarasurabaya.net

    kirim berita

    SS Khalayak lain
  • 30 Juni 2008, 20:01:57
    Cak KADAR:
    SS Hidupkan Lagi Arek Suroboyo
  • 30 Juni 2008, 19:53:48
    Awalnya Tidak Setuju Ada SS
  • 30 Juni 2008, 19:51:54
    Bincang Otomotif Berawal dari Iklan
  • 30 Juni 2008, 19:50:37
    JA’FAR TRIKUSWAHYONO
    'Kecolongan', Dengar Duluan dari SS
  • 30 Juni 2008, 19:43:00
    Tanya PMI ke SS
  • 30 Juni 2008, 17:30:42
    TRI RISMA HARINI
    Yang Marjinal Bisa Bicara
  • 26 Juni 2008, 19:45:35
    SS Ciptakan Two Way Communication
  • 25 Juni 2008, 16:17:10
    Lurahe SS:
    SS Jadi Obat Kekesalan
  • 25 Juni 2008, 12:17:29
    BAMBANG SUGENG:
    Usul Putar Lagu Kelas Bawah
  • 22 Juni 2008, 18:38:05
    Corporate Speaker PLN Jatim:
    Narasumbernya Jangan Itu-itu Saja


  • copyright 2008 suarasurabaya.net, all rights reserved.
    kontak redaksi |