SS home | SS greeting | SS terima kasih | SS anugerah| SS galeri | SS momen


SS tempodoeloe
BACA BERITA
SS Menu
  • SS Sejarah
  • SS Khalayak
  • SS Event
  • Untung Ada SS

  • SS Jingle
  • SS - 30 Tahun
  • SSFM 100 - Country
  • SS-Anytime, Anywhere
  • SS Today
  • SSFM 100

  • SS galeri

    CANDA GUS IPUL WAGUB JATIM
    arsipSS galeri


    Kirim Ucapan HUT SS
    gretting
    Selamat Ulang Tahun Suara Surabaya ke 28. jangan pernah mati membangun kota, membangun Provinsi, membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Dari: Lutfi, Surabaya
    eiftoel@yahoo.co.id
    happy birthday
    semakin dewasa dlm menyajikan berbagai hal ditelinga para pecinta,SMOGA '' HAPPY BIRTHDAY SSKU '' .
    Dari: Wijiono, sidoarjo
    Withgiewilson@gmail.com
    SELAMAT ULANG TAHUN KE-30
    Selamat Ulang Tahun yang ke-30 dan 5S (Semoga Sukses Selalu Suara Surabaya), Terima kasih atas segala info-2 nya yang sangat bermanfaat & sangat membantu saya dalam menjalankan tugas sehari-2 terutama update lalu lintas serta kabar terkini... Tetap Jayalah Suara Surabaya. YES!...
    Dari: eko ariyanti, Surabaya
    sams_yansen@yahoo.com
    Saran
    Yang terhormat suara surabaya

    Saya rida,, saya ingin memberikan saran sederhana saja,,
    Untuk waktu adzab tolong dong siarkan adzan aja jangan lagu,, itu lebih menghargai saya sebagai umat islam,, saya sangat suka mendengar suara surabaya tapi sangat disayangkan jika waktu adzan kami selalu mendengar lagu bukan adzan,, apakah harus menunggu puasa dulu baru ada adzan yang dikumandangkan,, lalu apa nunggu hari kemerdekaan dulu baru kita bisa mendengar lagu kemerdekaan... Tolong diperbaiki lagi trims
    Dari: Yusmi afrida, Surabaya
    Aridayasmin26@gmail.com
    Selamat HUT ke 29 SSFM
    Kami keluarga besar SMP Mujahidin Surabaya,
    mengucapkan "Selamat HUT ke 29, Semoga SSFM
    selalu jaya di udara dengan layanan dan
    informasi yang bermaanfaat bagi warga Kota
    Surabaya pada khususnya dan Indonesia pada
    umumnya. Amiiin...."

    http://smpmujahidin-sby.sch.id
    Dari: SMP MUJAHIDIN , SURABAYA
    smpdin@gmail.com
    satu detik telah berlalu
    satu detik
    satu menit
    satu jam
    satu hari
    satu minggu
    satu bulan
    satu tahu tlah berlalu
    kau slalu membantu
    sukses selalu semoga SS
    Dari: imron mahmudi, malang
    imron.mahmudi@ymail.com
    HBD 30th
    Selamat hari jadi SUARA SURABAYA
    Semoga selalu jaya ∂ϊ udara
    Menyajikan informasi mutahir Ɣ∂Ϟǥ selalu menjadi
    harapan dan idola masyarakat luas
    Dari: dila gute, bangil pasuruan
    gutdil.next@gmail.com
    HBD
    HBD ss FM semoga tambah jaya dgn info lalu
    lintasnya
    Semoga tambah jaya
    Hidup !!!!!! SS FM
    Dari: latif, gresik
    latifprima@rocketmail.com
    jangan kapok
    selamat ulang tahun tuk radioQ suara surabaya,
    diumur yg semakin tua,jangan sampai kehilangan roh SuaraSurabaya sebenarnya.
    jangan kapok diwaduli warga terutama tuk penyiarnya yg merima wadulan,tetep semangat,jangan sampai jadi radio yg pada umumnya,tetaplah jadi SuaraSurabaya.
    Dari: aan arkhami, Duduksampeyan, gresik
    m.arkhami@gmail.com
    Happy Birthday 30 tahun Suara Surabaya
    Semoga SS bisa jadi media komunikasi yang berguna bagi masyarakat surabaya khususnya & jawa timur pada umumnya, semoga SS bisa lebih maju & selalu sukses
    Dari: Tonny sunarto, surabaya
    diamond_ts08@yahoo.com


    SS Sejarah

    28 Mei 2008, 18:56:39

    Not Balok SS Yang Tetap Awet
    suarasurabaya.net| 25 tahun sudah logo Suara Surabaya bertahan. Memang inilah yang diharapkan oleh pembuatnya agar logo yang sekaligus memuat idealisme dan cita-cita radio ini akan tetap bisa dipakai, tak termakan waktu.

    Sebenarnya, ketika diminta untuk membuat logo oleh pionir SS, NICKY HARTONO tidak diberikan konsep dan batasan apapun. Bertiga bersama ERROL JONATHANS, Direktur Operasional SS Media dan SOETOJO SOEKOMIHARDJO, Direktur Utama SS Media berbincang-bincang. ERROL mengutarakan pada NICKY bahwa ia dan SOETOJO akan mendirikan sebuah radio news. NICKY pun mendukung dengan antusias. "Saya bilang, oya bagus kalau begitu idenya, kita di Surabaya belum ada radio yang gitu. Akan banyak gunanya, banyak dilihat, didengar orang," ujar NICKY kala itu, semangat.

    Saat itu, NICKY hanya diberi gambaran mengenai konsep radionya. Meski belum berdiri, namun rupanya SOETOJO dan ERROL telah memiliki konsep dan persiapan yang matang, sehingga membuat NICKY semakin bersemangat ketika diminta untuk membuatkan logo. NICKY yang lulusan arsitektur ITS ini kemudian memikirkan agar logo yang akan dia buat harus tahan jaman dan mencerminkan posisinya yang netral “Harus awet, nggak tahun ke 50, 60, 100 tahun harus tetap bisa dipakai,” ujarnya.

    Proses awal inilah yang dirasa NICKY paling sulit. Ia harus benar-benar memikirkan agar desain logo SS tidak mencerminkan periode atau tahun pembuatannya. “Kan kelihatan kadang-kadang logo itu (tahun, red) 60-an, 70-an, yang ini tahun sekarang. Saya ingin menghilangkan itu, supaya bisa awet. Lebih lama bisa digunakan,” terang NICKY yang mampu menyelesaikan logo SS dalam waktu 2 minggu.

    Selain itu, proses yang juga menyita pikirannya adalah mempelajari bentuk logonya nanti sehingga bisa dibuat dalam ukuran yang paling kecil sekalipun. “Misalnya di sudut halaman majalah jika dipasang logo SS dia harus bisa. Dia (logo, red) kalau dibikin neon sign board , mungkin di puncak gedungnya SS tower nanti, juga harus bisa,” kata NICKY pada suarasurabaya.net, Kamis (30/04/2008).

    Berdasarkan dua pemikiran itu, NICKY pun menjatuhkan pilihan pada bentuk not balok untuk dijadikan logo SS. Pertimbangannya adalah, SS selain radio yang serius tapi juga menghibur. Menurut NICKY musik yang ditulis dengan not balok itu indah, bagus, dan berkualitas. Bukan berarti musik yang lain tidak demikian. Hanya saja, lanjut NICKY, musik yang ditulis dengan not balok itu tandanya sudah mapan. Bentuk itu juga mencerminkan kejujuran dan keakuratan. Artinya, semua bekerja menurut pedoman-pedoman yang ada, layaknya sebuah partitur, meski santai dan menghibur tapi tetap ada aturan. "Saya sampaikan ke Pak ERROL, iya setuju," ceritanya.

    Not balok yang menjadi logo SS memang bukan not sembarangan. Jika diamati, not yang mirip dengan huruf S itu bila posisinya dibalik tetap terlihat sama. Ini juga menandakan bahwa SS akan dan harus bisa menyesuaikan dalam kondisi apapun. “Waktu itu kan situasinya kita bisa terombang-ambing ke kanan kiri segala hal di luar kita. Kalau sekarang kan lain, tantangannya kan beda. Waktu itu kan kita gak bisa terang-terangan,” ucapnya. Karena itu, ia harus ekstra hati-hati dalam membuat logo, jangan sampai malah menimbulkan masalah. Bisa-bisa ijin siaran tidak akan didapat jika logo terlalu menyindir satu pihak.

    Warna ungu menjadi warna utama pada logo SS dan tulisan “Suara Surabaya”. Karena warna ungu, menurut NICKY adalah warna kesetiaan, kesetiaan pada profesi, kesetiaan pada bangsa dan negara. Selain itu, ungu identik dengan keabadian. Seperti yang disampaikannya pada Mossaik, 2003 lalu, sifat ungu yang long life sesuai dengan harapannya bersama SOETOJO SOEKOMIHARDJO dan ERROL JONATHANS agar SS bisa tetap eksis sampai kapanpun.

    Tulisan “Suara Surabaya” sendiri menggunakan font yang saat itu paling baru dan mencerminkan karakter jaman itu. “Saya mendapatkannya dari Mecanorma, salah satu produsen huruf terkemuka,” ceritanya pada Mossaik 5 tahun lalu.

    Selain not balok dan tulisan “Suara Surabaya” dengan dominasi ungu, pada background logo terdapat gelombang radio yang merupakan visualisasi dari gelombang FM yang berbeda dengan gelombang radio lain.

    Setelah 25 tahun berlalu, pria yang juga hobbi fotografi ini menyarankan untuk memberikan sentuhan baru pada logo SS. “Bisa diubah, digeser. Biar gak kelihatan kuno. Umurnya sudah 25 tahun, seharusnya boleh diubah dengan warna baru. Mungkin kalau masih menggunakan warna lama, tapi yang trend baru,” usul NICKY. Ia juga menceritakan, teknologi 25 tahun lalu belum secanggih dan sebanyak sekarang. Dulu, teknologi cetak itu hanya satu warna yang berongkos murah. Itulah satu alasan, mengapa logo SS didominasi satu warna.

    Berbeda dengan kondisi sekarang yang serba memungkinkan. Teknologi cetak saat ini menawarkan banyak pilihan, seperti digital printing, offset, dan semacamnya. Dulu, walaupun sudah ada offset, tapi harganya masih mahal. “Sekarang ada digital printing, bisa dipasang di website, sudah ada teknologi macam-macam yang bagus, seharusnya bisa diubah. Waktu itu kan saya juga berharap bisa diubah, diaktualisasikan. Misal diberi shadow, 3D, boleh-boleh saja ada perubahan sedikit. Sekarang kan banyak designer-designer muda bisa memberi warna,” jelas pemilik usaha cafe di Surabaya dan Jakarta ini.

    Satu hal yang harus dijaga dan dipertahankan, lanjut NICKY, yaitu idealisme pendirinya. Kalaupun ada perubahan, cita-cita yang tertuang dalam logo itu harus tetap tercermin. Sehingga perubahan yang ada tidak boleh jauh dan tidak boleh terlalu banyak. Yang diubah hanya teknologinya saja, lebih modern. Diberi kesan timbul, diberi dasar dan sebagainya sesuai perkembangan yang ada.

    Kini, logo SS memang mengalami perubahan sedikit dengan warna biru di tulisan Suara Surabaya plus filosofi SS, yakni news-interaktif-solutif. Namun, logo lama SS buatan NICKY masih tetap terpampang di beberapa produk SS, seperti amplop dan kertas.(git/ipg)

    Teks Foto:
    1. NICKY HARTONO
    2. Logo SS yang dulu dibuat NICKY
    3. Logo SS yang mengalami sedikit perubahan
    Foto: EDDY dan GITA suarasurabaya.net


    kirim berita

    SS Sejarah lain
  • 10 Juni 2013, 22:07:09
    Transformasi dan Inovasi Media : Kekuatan Radio Yang Berlipat Ganda
  • 10 Juni 2013, 21:07:54
    30 Tahun Suara Surabaya
    Satu Legenda Hidup Itu Bernama Rini Puspita
  • 10 Juni 2011, 19:33:32
    Tahun ke 28 Radio SS
    Menangkap Seberkas Cahaya
  • 30 Juni 2008, 15:33:34
    ISA ANSHORI Bicara Jazz
  • 30 Juni 2008, 11:28:01
    JOSE ASMANU, Menyuarakan SS di Jakarta
  • 30 Juni 2008, 11:10:10
    Suara Stress yang Suka Putar Jazz
  • 30 Juni 2008, 11:06:07
    ADJIE S. SOERATMAJIE
    'Alumni' SS Berbagi Ilmu
  • 30 Juni 2008, 11:03:05
    Menyingkap Masa Lalu Bersama IMAN DWIHARTANTO
  • 16 Juni 2008, 19:16:03
    Gatekeeper
    Jaga 'Gawang'nya SS
  • 16 Juni 2008, 16:31:21
    'Suara Surabaya' Bukan Mentereng Gengsi


  • copyright 2008 suarasurabaya.net, all rights reserved.
    kontak redaksi |