Jumat, 12 April 2024

Harga Cabai Melonjak, Zulhas Instruksikan Semua Kepala Daerah Berikan Subsidi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI saat diwawancarai awak media usai sidak, Senin (4/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI saat diwawancarai awak media usai sidak, Senin (4/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) RI bakal menginstruksikan semua kepala daerah untuk memberikan dana subsidi jika harga cabai terus melonjak.

Itu diungkap saat inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Genteng Surabaya, Jawa Timur. Di situ, harga cabai sekitar Rp100 ribu per kilogram.

“Kalau terus-menerus harga cabai tidak terkendali, saya minta para kepala daerah bisa membantu,” katanya.

Nantinya, setiap kepala daerah bisa mengambil dana tidak terduga untuk subsidi ongkos transportasi pengiriman barang ke daerah masing-masing.

“Membantu dari dana yang tak terduga untuk subsidi ongkos transportnya. Sehingga, harganya bisa lebih murah lagi, karena akan memengaruhi inflasi,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Muhammad Haris salah seorang pedagang cabai di Pasar Genteng Surabaya mengungkap kenaikan ini terjadi seminggu terakhir.

Cabai rawit yang semula dibanderol Rp80.000 dan cabai merah Rp60.000, keduanya menjadi Rp100.000.

“Pemasokan kurang. Barangnya biasanya datang satu ton, ini datang 500 kwintal. Pembeli tambah menurun. Biasanya setengah kilogram sekarang cuma seperempat,” jelasnya.

Dia menduga kenaikan itu karena faktor musim hujan. Sehingga, pasokan dari petani berkurang.(lta/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version