Senin, 20 Mei 2024

Rupiah Menguat Menjadi Rp16.177 per Dolar AS pada Kamis Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi, uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar AS pada perdagangan Kamis dibuka meningkat karena aksi ambil untung (profit taking) setelah penguatan Dolar Amerika Serikat (AS) belakangan ini.

Rupiah naik (rebound) 43 poin atau 0,27 persen menjadi Rp16.177 per Dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.220 per Dolar AS.

“Rupiah diperkirakan berpotensi rebound terhadap Dolar AS dan imbal hasil obligasi AS yang terkoreksi turun. Koreksi ini murni aksi profit taking dari kenaikan yang sangat besar sepekan ini,” kata Lukman Leong analis mata uang dilansir Antara, Kamis (18/4/2024).

Lukman menuturkan, Dolar AS terimbas aksi profit taking karena telah menguat sangat besar belakangan ini. Umumnya para pedagang (trader) berkonsolidasi di tengah absennya data dan peristiwa ekonomi penting dalam beberapa hari ke depan.

Imbal hasil obligasi Pemerintah AS tenor 10 tahun turun ke 4,579 persen dari sebelumnya yang hampir mencapai 4,7 persen.

Ia memperkirakan, nilai tukar Rupiah bergerak di rentang Rp16.150 per Dolar AS sampai dengan Rp16.250 per Dolar AS. (ant/man/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version