Jumat, 19 Juli 2024

Zulkifli Hasan Mendag Pastikan Pasokan LPG untuk Konsumsi Masyarakat Aman

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Pengisian LPG 3 Kg. Foto: Pertamina

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) mengatakan bahwa pasokan liquefied petroleum gas (LPG) bagi konsumsi masyarakat tetap aman tersedia.

“Untuk ketersediaan LPG aman. Sekarang sudah bagus, kemarin sudah di cek secara langsung ke beberapa tempat seperti stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE),” ujar Zulkifli Hasan dilansir dari Antara pada Minggu (16/6/2024).

Ia mengatakan bahwa mengenai adanya kelangkaan LPG di beberapa daerah, termasuk di Provinsi Lampung, terjadi akibat adanya kendala distribusi.

Dia menjelaskan saat ini pun telah ada perbaikan tabung-tabung LPG tua untuk menjaga kualitas LPG bagi konsumsi masyarakat.

“Tabung yang sudah tua semua diperbaiki karena ada kejadian saat masyarakat beli tabung LPG 3 kilogram ternyata isinya hanya 2,5 kilogram karena tabungnya tidak diperbaharui,” ucapnya.

Menurut dia, dengan adanya pembaharuan, dan perbaikan tabung LPG tersebut, tabung- tabung tua sudah tidak dipakai.

“Meski baru memang tidak terisi penuh karena sifat gas yang bisa menguap saat diisi, jadi akan berkurang sedikit hanya sekitar 0,01 persen saja. Tapi yang pasti dengan adanya pembaharuan tabung dan pasokan yang tersedia, konsumen bisa lebih terjaga konsumsinya,” tambahnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar saat membeli LPG dapat memperhatikan kondisi tabung LPG yang dibeli dengan cermat.

“Kalau beli LPG harus perhatikan juga tabungnya, jangan pilih yang berkarat atau yang kondisinya sudah buruk sekali, pilih yang bagus agar semua aman,” ujarnya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version