SS TODAY

Kemenkominfo: Beberapa BTS Mulai Berfungsi di Empat Titik di Palu

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 29 September 2018 | 20:15 WIB
Kondisi di Palu pasca tsunami, Sabtu (29/9/2018). Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Pascagempa 7,7 SR di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, jaringan telekomunikasi di sekitarnya perlahan mulai berfungsi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ferdinandus Setu Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (29/9/2018).

Sebelumnya, kata dia, lebih dari 500 Base Transceiver Station (BTS) telekomunikasi seluler tidak bisa berfungsi, karena pasokan listrik PLN terputus. Namun saat ini, dipastikan beberapa BTS sudah mulai berfungsi di 4 titik di Kota Palu.

"Sekitar 1 sampai 2 BTS sudah berfungsi. Baik dari Indosat, Telkomsel, dan XL sudah bisa berfungsi. Masih sangat kecil memang presentasenya, karena pasokan listrik dan BBM mati total. Belum tahu secara pasti berapa jumlahnya, hanya saja sekitar 4 titik tadi sudah bisa digunakan aktivitas komunikasi," kata Ferdinandus.

Saat ini, kata dia, operator telekomunikasi sedang berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan Mobile Backup Power (MBP) dan menunggu pulihnya jaringan listrik dari PLN.

Kominfo juga telah mengirimkan sebanyak 31 unit telepon satelit yang diberikan kepada posko dan beberapa instansi.

"Telepon satelit tersebut berguna untuk mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya. Misal menemukan jenazah dan koordinasi lainnya," jelasnya.

Ferdinandus menambahkan, langkah pemulihan jaringan telekomunikasi atau BTS ini, ditargetkan akan rampung paling cepat 3 hari dan paling lambat 1 minggu. (ang)
Editor: Ika Suryani Syarief



LAINNYA