SS TODAY

Ini Daftar Kebutuhan Mendesak Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Laporan Ika Suryani Syarief | Minggu, 30 September 2018 | 16:48 WIB
Warga mengambil BBM di salah satu SPBU di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Warga terdampak gempa dan tsunami Palu terpaksa mengambil BBM dari SPBU karena sangat dibutuhkan untuk mobilisasi. Selain BBM, mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis daftar kebutuhan mendesak korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Rinciannya yaitu BBM (solar dan premium), air minum, tenaga medis, obat-obatan, rumah sakit lapangan, tenda, terpal, selimut, veltbed, water tank, bahan makanan, alat penerangan, genset, dapur umum, kantong mayat dan kain kafan, serta makanan bayi dan anak.

Sampai Minggu (30/9/2018), listrik PLN, PDAM, dan SPBU masih padam. Banyak pasar dan toko masih tutup. Jaringan pipa air bersih juga rusak sehingga air bersih kebutuhan utama.

Hasil pantauan Kantor Berita Antara di seputar Kota Palu, Minggu pagi, menunjukkan ratusan warga kota yang terdampak gempa terpaksa mengambil bahan bakar minyak di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) karena sangat membutuhkan untuk keperluan mobilisasi dan transportasi.

Sementara, Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri telah meminta pemerintah daerah setempat untuk membeli makanan dari toko yang ada untuk diberikan kepada pengungsi.

Mendagri dan sejumlah pejabat yang sedang berada di Palu juga bergotong royong mengumpulkan uang untuk membeli makanan dan minuman bagi masyarakat.(iss)




LAINNYA