SS TODAY

SPBU Portabel Sulteng Mulai Dioperasikan Bertahap

Laporan Ika Suryani Syarief | Jumat, 05 Oktober 2018 | 21:47 WIB
SPBU Portabel yang dikirim Pertamina ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk optimalisasi distribusi BBM ke wilayah terdampak gempa bumi Donggala. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Portabel milik Pertamina sudah dioperasikan di beberapa lokasi SPBU terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Pengiriman dilakukan bertahap, dengan beberapa jalur udara dan darat. Upaya pengiriman dilakukan maksimal agar mempercepat penyaluran BBM ke masyarakat.

Menurut Roby Hervindo Unit Manager Communication dan CSR Pertamina Marketing Operation Region, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (5/10/2018), SPBU Portabel itu sudah tiba bertahap di Bandara Palu sejak Kamis (4/10/2018).

Sebanyak 20 unit sudah didistribusikan untuk dioperasikan di 4 SPBU. SPBU Portabel itu dikirim Pertamina sejak Rabu (3/10/2018) lalu dari Bandara Pertamina Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

"Pengiriman melalui jalur udara tidak serta merta bisa langsung tiba ke Bandara Palu pada hari yang sama. Karena pesawat harus transit ke Bandara di Balikpapan atau Makassar untuk mengisi bahan bakar, atau menunggu jadwal pengaturan pendaratan di Palu, Sulawesi Tengah," jelas Roby dilansir Antara.

SPBU Portabel dioperasikan dengan pompa engkol. Adapun 4 SPBU yang mendapatkan tambahan SPBU Portabel yakni: SPBU Muh Yamin (6 unit), SPBU Ki Hajar Dewantara (4), SPBU Dewi Sartika (5), dan SPBU I Gusti Ngurah Rai (5).

Untuk SPBU Dewi Sartika dan I Gusti Ngurah Rai, masih dalam proses pendistribusian, diperkirakan Jumat sore ini bisa beroperasi. (ant/nin/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA