SS TODAY

Vaksin TT Wajib Bagi Para Relawan Bencana Sulteng

Laporan Agustina Suminar | Minggu, 07 Oktober 2018 | 08:25 WIB
Tim Basarnas saat mengevakuasi jenazah yang tertimpa reruntuhan Hotel Roa-Roa, Palu. Foto: Dok. Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Para relawan yang membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Selatan wajib melakukan suntik TT untuk antisipasi terjangkit penyakit tetanus yang sudah banyak mewabah di lokasi bencana.

Hal itu disampaikan Susanto Ketua Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (7/10/2018), bahwa kondisi di lokasi bencana sudah mulai dipenuhi bakteri.

"Relawan yang akan berangkat ke lokasi harus disuntik TT di dinas kesehatan atau korem, karena sudah ada relawan yang kena tetanus. Bagi relawan yang masih belum disuntik (vaksin TT, red) harus waspada, karena sudah mulai muncul belatung dari dalam tanah," ujarnya.

Susanto juga menambahkan, para relawan maupun Tim SAR yang mengevakuasi jenazah juga harus berhati-hati. Ini dikarenakan kondisi jenazah yang kebanyakan sudah membusuk.

Hingga saat ini, bantuan berupa jumlah relawan, tenaga medis, maupun bahan logistik terus berdatangan di Palu.

"Sekarang akan datang delapan logistik dari Surabaya dan insyaallah kita akan menyalurkan secara merata. Kita juga akan libatkan warga untuk loading bantuan," tutupnya.(tin)


LAINNYA