SS TODAY

PT KAI: Petugas dan Pos Perlintasan KA Margorejo Wewenang Dishub Kota Surabaya

Laporan Zumrotul Abidin | Sabtu, 06 Oktober 2018 | 09:08 WIB
Foto: Netter e100
suarasurabaya.net - Gatut Sutiyatmoko Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, bahwa Pos Perlintasan Kereta Api (KA) di Margorejo berikut alat dan penjaganya merupakan wewenang dari Dishub Kota Surabaya. Hanya bel Genta yang terkoneksi dengan sistem pengaturan perjalanan kereta yang dikendalikan oleh PT Kereta Api.

"Semua peralatan dari Dishub Surabaya, bel genta maupun palang pintu itu peralatan dari Dishub. Kalau ada fakta bel Genta tidak bunyi, atau mengalami kerusakan seharusnya petugasnya melapor ke atasannya," ujar Gatut kepada suarasurabaya.net, Sabtu (6/10/2018).

Gatut menegaskan, cara kerja bel genta itu berbunyi setiap kali kereta api akan melewati satu petak jalan dari stasiun satu ke stasiun berikutnya dan di perlintasan kereta juga bisa bunyi kalau memang di situ dipasang koneksi bel Genta.

"Sebab ada perlintasan kereta yang tidak memasang koneksi bel Genta," katanya.

Menurut Gatut, memutar bel genta sudah menjadi rutinitas dan SOP dari petugas kereta api. Sebelum KA berangkat, petugas memperingatkan dengan memutar bel genta yang bisa langsung di stasiun setelahnya.

"Kalau Kereta berangkat dari Stasiun Wonokromo, bel genta bisa nyalur arusnya sampai Stasiun Waru. Pokoknya setiap satu petak jalan, bel genta menyala. Lalu, di masing-masing perlintasan memperkirakan sendiri kereta datang dengan komunikasi antar perlintasan," ujarnya.

Sementara itu, sampai berita ini dinaikkan Dinas Perhubungan Kota Surabaya belum bisa dikonfirmasi. Ditelepon beberapa kali nada sambung tapi tidak terangkat.

Sekadar diketahui, kecelakaan di perlintasan kereta api Margorejo-Ahmad Yani mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan tiga orang luka-luka. Kecelakaan melibatkan mobil Avanza dan sepeda motor Vario yang tertabrak kereta api Mutiara Timur, Jumat (5/10/2018) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Polisi menemukan fakta bahwa petugas terlambat menutup palang pintu kereta api, sehingga mobil dan motor yang melaju dari Jl A Yani ke Margorejo ditabrak kereta api. (bid/ipg)
Editor: Iping Supingah