SS TODAY

Menkeu: Indonesia Tidak Berniat Pinjam IMF

Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 08 Oktober 2018 | 21:21 WIB
Sri Mulyani Menteri Keuangan. Foto: Farid/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Menanggapi berbagai isu menjelang pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) World Bank di Nusa Dua Bali, Sri Mulyani Menteri Keuangan menegaskan Pemerintah RI tidak memiliki niat meminta pinjaman dari IMF dengan menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan tersebut.

"Dengan adanya event ini, apakah Indonesia mau pinjam IMF? Tidak," tegas Sri Mulyani saat memberikan pengarahan kepada media mengenai persiapan Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 di Westin Resort Bali International Conference Center (BICC), Senin (8/10/2018). Seperti yang dilansir dari Antara.

Sri Mulyani mengatakan bahwa IMF merupakan institusi yang hanya melakukan pinjaman bagi negara yang mengalami krisis neraca pembayaran. Dirinya juga menambahkan bahwa Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde telah menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia dalam keadaan baik.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan bahwa saat ini perekonomian dunia memang tengah mengalami penyesuaian, namun hal itu tidak berarti membuat Indonesia mengalami kondisi krisis.

"Sehingga kami tegaskan bahwa kami tidak meminjam IMF. Banyak yang ingin mencoba untuk membuat seolah-olah ini menjadi isu," ujar Sri Mulyani.

Menurut dia, keterlibatan Indonesia sebagai anggota IMF merupakan bagian dari dinamika sebagai bagian dari warga dunia, sama seperti keanggotaan suatu negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Grup Bank Dunia.

"Kita bersama-sama sebagai warga dunia menjadi kontributor terhadap pemikiran bagaimana membuat dunia menjadi tempat yang aman dan menciptakan kesejahteraan bersama," kata Sri Mulyani. (ant/dim/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA