SS TODAY

Pascagempa, Pelabuhan Sapudi Sumenep Tetap Normal

Laporan Agustina Suminar | Kamis, 11 Oktober 2018 | 10:14 WIB
Pusat gempa. Foto: BMKG via Twitter
suarasurabaya.net - Gempa terjadi pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.44.57 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=6,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Mengenai dampak gempa, kawasan Sapudi, Sumenep menjadi salah satu kawasan paling terdampak. Hal ini seperti yang disampaikan Boy Prasojo Kepala Pelabuhan Sapudi Sumenep kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (11/10/2018).

Menurut informasi sementara yang ia terima, saat ini ada 3 korban meninggal dunia dan 7 korban luka-luka akibat gempa.

Boy juga mengatakan meskipun menjadi wilayah terdampak, tetapi Kawasan Pelabuhan Sapudi tidak mengalami dampak serius. Bahkan cenderung aman-aman saja.

"Untuk Pelabuhan Sapudi, terkait fasilitas yang ada di pelabuhan mulai dari fasilitas sekitar dermaga dan terminal penumpang tidak mengalami kerusakan yang berarti, masih normal," jelasnya.

"Aktifitas di dermaga, di pelabuhan semuanya berjalan seperti biasa. Aktivitas perekonomian juga berjalan normal. Karyawan juga aman, sehat semua," ujarnya.

Dia juga menambahkan saat ini Danrem dan Danramil sedang menuju ke Sapudi untuk memastikan jumlah korban yang ada di Sapudi.

"Rombongan juga sedang menuju ke sini. nanti mungkin akan sampai pukul 11 WIB," katanya. (dim/ipg)
Editor: Iping Supingah